Rekomendasi

Masa Normal Baru, 2.181 Mahasiswa UMS Bakal Ikut Wisuda Luring Di Edoturium

Senin, 09 November 2020 : 19.08
Published by Hariankota

 


SUKOHARJO-Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali akan menggelar wisuda luring bagi lulusannya setelah lama ditiadakan. Wisuda akan digelar menyesuaikan masa normal baru di tengah pandemi Covid-19.


Hampir satu tahun kampus yang kini telah memiliki gedung baru 'Edutorium' dengan kapasitas daya tampung sekira 8 ribu orang ini, belum sekalipun menggelar prosesi wisuda secara luring.


Ketua Panitia Wisuda, Triyono, saat dikonfirmasi hariankota.com membenarkan rencana digelarnya kembali prosesi wisuda secara luring.


"Memang benar ini merupakan wisuda pertama yang akan digelar di tahun 2020 semenjak adanya pandemi Covid-19," katanya, Senin (9/11/2020).


Menurutnya, seharusnya wisuda kali ini sudah memasuki periode 1 tahun ajaran 2020/2021, sehingga ada 2 periode yakni periode 3 dan 4 tahun ajaran 2019/2020 yang belum dilakukan wisuda.


"Total wisuda kali ini berarti 3 periode sekaligus," ungkapnya.


Semenjak dibukanya konfirmasi wisuda pada Senin (2/11/2020) lalu, hingga hari ini (Senin-Red) total mencapai 2.367 pendaftar. Dari jumlah itu rinciannya, 286 ikut wisuda daring, sedangkan sisanya 2.181 memilih luring.


"Itu artinya protokol kesehatan harus betul-betul kami lakukan dengan ketat agar semuanya berjalan dengan lancar. Salah satu prasyaratnya peserta wisuda harus membawa hasil rapid test dari daerahnya masing-masing," sebutnya.


Validitas hasil Rapid Test hanya berlaku 3 hari sebelum pelaksanaan wisuda. Meski begitu, nantinya setelah bukti Rapid Test  dibawa ke ruang wisuda, akan diberi ganti kompensai sebesar Rp 100 ribu.


Menyinggung format pelaksanaan wisuda, Triyono mengatakan sedang digodok dengan para pimpinan kampus sembari menunggu konfirmasi peserta wisuda sampai dengan 6 November 2020.


"Rencana wisuda akan digelar di Edutorium mulai tanggal 20 Nopember dengan setiap sesi atau perhari maksimal hanya untuk 500 orang dengan durasi waktu maksimal 1,5 jam. Saat ini sudah dilakukan pembagian slot tiap sesinya (hari)," pungkasnya.




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :