Rekomendasi

Pemkab Buleleng Gelar Lomba Kreasi Inovasi

Rabu, 11 November 2020 : 18.59
Published by Hariankota


BULELENG
- Tingkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali menggelar Lomba Kreasi Inovasi Tingkat Kabupaten tahun 2020.


Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah menjelaskan bahwa Lomba Kreasi Inovasi Tingkat Kabupaten tahun 2020 ini digelar dalam rangka peningkatan dan percepatan IPTEK di Buleleng.


Melalui penggalian inovasi teknologi dan sumber daya. Penghargaan tersebut merupakan yang pertama kali diberikan terhadap hasil karya kreatif dan inovatif


"Dari masyarakat Buleleng dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Buleleng yang berhasil berinovasi,” jelasnya.


Lomba kreatif dan inovatif ini dibagi menjadi dua kategori yakni kategori kelompok masyarakat dan kelompok OPD. Melalui kegiatan ini juga akan mendorong sejumlah OPD yang telah terdaftar untuk berlomba-lomba meningkatkan pelayanan publiknya.


Seperti kemudahan akses internet dan percepatan pelayanan melalui sarana media elektronik.


“Lomba ini sebagai upaya meningkatkan kreativitas di bidang inovasi. Maka, masyarakat perlu didorong untuk dapat menciptakan, merekayasa alat atau produk yang dapat menigkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” ujar Gede Wiartana.


Adapun untuk kategori Kelompok Masyarakat yang telah berhasil yakni, untuk juara pertama diraih oleh Bank Sampah Kalibukbuk Bersih (Kaliber) Desa Kalibukbuk Kecamatan Buleleng, Juara kedua diraih oleh Kelompok Wanita Tani Tulus Bakti Desa Panji Kecamatan Sukasada dan untuk juara ketiga diraih oleh Kelompok Tani Ternak Amerta Luih Desa Dencarik Kecamatan Banjar.


Untuk Kategori OPD, juara pertama diraih oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah dengan inovasi SIKN-BADAS (Bank Data Arsip Statistik). Kemudian untuk juara kedua diraih oleh Kantor Camat Buleleng dengan inovasi Pelayanan KCB (akun Facebook), dan terakhir untuk juara ketiga diraih oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buleleng dengan inovasinya E-LIS (Electronik Laboratory Information System). (Kom)

Share this Article :