Rekomendasi

Pemkab Buleleng Jalin Kerja Sama Dengan Badung, Serap Buah Lokal

Minggu, 08 November 2020 : 16.54
Published by Hariankota

Foto Istimewa

BULELENG
-  Serap hasil buah lokal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menggandeng Kabupaten Badung. Tujuannya agar bisa menyerap lebih banyak lagi buah lokal produksi Buleleng khususnya pada bidang pariwisata.


“Kerja sama kami dengan Badung untuk bisa menyerap buah lokal dari Buleleng sehingga bisa lebih menyejahterakan petani,” ujar Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Minggu (8/11/2020).


Agus Suradnyana menjelaskan, ide penyerapan buah lokal ini sudah disampaikan sebelumnya kepada Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Dengan kerja sama yang dilakukan, diharapkan hotel-hotel yang ada di Badung bisa menyerap buah lokal dengan maksimal.


Buah lokal kata dia, bisa digunakan sebagai hidangan buah selamat datang (welcome fruit) oleh hotel tersebut. 


“Saya juga meminta Bupati Badung untuk membuat regulasi yang lebih mengikat seperti Peraturan Daerah (Perda) agar hotel-hotel mau menyerap buah lokal khususnya dari Buleleng,” jelas dia.


Menurut dia, saat ini, yang paling penting dalam industri pertanian adalah pasokan (supply) dan permintaan (demand). Dua hal ini yang harus dijaga bersama.


Dia melanjutkan, jika permintaan sudah benar-benar terjaga, pemerintah juga petani tinggal mengatur pasokan yang ada. Lalu, penyediaan buah dimulai dari pembibitan dan pemeliharaan juga dijaga.


 “Teknologi pertanian organik memang penting, namun lebih penting lagi ketika hasil pertanian tersebut ada yang menyerap,” ucap Agus Suradnyana.


Agus Suradnyana juga mengungkapkan ketahanan ekonomi Bali mau tidak mau masih sangat bergantung dengan pariwisata. Untuk mendukung sektor pariwisata tersebut, keunggulan komparatif pertanian Buleleng juga harus dijaga. 


 “Jadi, sangat memungkinkan untuk diserap oleh dunia pariwisata,” pungkasnya.  




Jurnalis : Made
Editor : Mahardika

Share this Article :