Rekomendasi

Pemkab Klungkung Akhirnya Miliki Lab PCR Sendiri

Minggu, 15 November 2020 : 20.14
Published by Hariankota


KLUNGKUNG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab Klungkung)  kini miliki Laboratorium PCR di RSUD Klungkung. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sudah meresmikan Laboratorium PCR di RSUD Klungkung, Sabtu (14/11/2020).


Dengan beroprasinya Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) mandiri, bagi warga Klungkung yang sudah menjalani tes swab tidak tidak perlu berhari-hari untuk menunggu hasil tes swab keluar.


"Kini enam jam setelah tes swab dilakukan, hasil sudah keluar," kata Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melalui keterangan tertulis, Minggu (15/11/2020).


Ditambahkan orang nomor satu di Pemkab Klungkung ini, dengan memiliki laboratorium PCR ini,  warga tidak lagi khawatir menunggu hasil lab hingga beberapa hari.


Selain itu, keberadaan lab PCR di Klungkung bisa semakin mempercepat pelaksanaan tes swab sesuai arahan Pemerintah Provinsi Bali dan pusat.


"Dengan adanya laboratorium ini, pasien tes swab bisa lebih cepat mendapatkan penanganan, sehingga swab massal sesuai arahan pemerintah pusat bisa segera dilakukan," ujarnya.


Direktur RSUD Klungkung, dr I Nyoman Kesuma jelaskan pelayanan lab PCR di rumah sakit pemerintah itu sudah berjalan sejak Sabtu (14/11/2020) kemarin.


"Kemampuan pengujian sebanyak 94 sampel per hari. Namun bisa 500 sampel jika dilakukan secara maksimal," imbuhnya.


Kedepannya lab PCR ini selain menguji sampel swab dari tes masyarakat di Klungkung, alat ini juga untuk tes swab warga Bali, utamanya dari rumah sakit yang ada di wilayah Bali timur seperti Gianyar, Bangli dan Karangasem.


"Untuk pasien-pasien suspect yang harus di-swab maupun pasien di RS Swasta bisa pakai laboratorium di RSUD Klungkung dengan kapasitas normal 90 sampel, tapi jika kebutuhan mendesak ada kasus meningkat bisa optimalisasi bisa 500 sampel," pungkasnya. 



Reporter: Wayan Sujana
Penulis: Wayan Sujana
Editor: Gunadi


Share this Article :