Rekomendasi

Persiapan Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Dua Stadion dan Fasilitas Pendukung di Renovasi

Minggu, 08 November 2020 : 10.14
Published by Hariankota

 (foto.  Istimewa) 

JAKARTA
- Jelang pelaksanaan Piala Dunia U-20 yang akan digelar 2021, Pemerintah segera merenovasi dua stadiun dan fasilitas pendukung lainnya.


Dirjen Cipta Karya, Danis Hidayat Sumadilaga menyebut ada 2 Stadion Utama yang akan direnovasi yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar Bali dan Stadion Manahan Solo dan juga 15 lapangan latihan.


"Diantaranya termasuk tiga lapangan di Palembang Sumatera Selatan yakni Lapangan Atletik, Baseball, dan Panahan, " jelasnya belum lama ini.  


Danis menyebut renovasi ini dilakukan dengan target 6 bulan telah terselesaikan. Diharapkan renovasi ini berjalan baik, tepat waktu, tepat biaya, tepat laporan dan sesuai dengan standar internasional yang telah ditetapkan oleh FIFA.  


Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penandatangan secara langsung dokumen kontrak yang dilakukan oleh Kementerian PUPR RI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang dilakukan di 3 Kota yaitu Bali, Solo, dan Jakarta.  


Menteri PUPR RI, Mochamad Basoeki Hadimoeljono mengatakan bahwa ini merupakan projek yang dilakukan oleh PUPR untuk memberikan support kepada para pemain Timnas U-20 yang telah berlatih mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaran dalam Piala Dunia U-20 nanti.  


"Dan semoga venue latihan yang telah direnovasi nanti dapat memberikan semangat kepada para pemain untuk dapat berlatih lebih giat lagi dan semoga dengan adanya fasilitas ini dapat memberikan hasil terbaik pada Timnas Indonesia diajang tersebut", ungkap Basuki.


Selain itu, Basoeki juga memastikan bahwa Stadion dan fasilitas yang akan dibangun nanti tentunya akan sesuai dengan standar internasional yang telah ditetapkan oleh FIFA.


Basoeki menghimbau kepada Kota - Kota yang terpilih untuk dapat menjaga dan merawat stadion beserta fasilitasnya baik itu sebelum ataupun setelah Piala Dunia U-20 dilaksanakan, "saya harap stadion beserta fasilitas pendukung lainnya dapat dijaga dan dipertahankan kualitasnya", tegas Basuki.


Pada kesempatan yang sama Ketua Umum PSSI, Muchamad Iriawan menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Indonesia saat ini merupakan tindakan yang akan menjadi contoh bagi penerus bangsa.


"Tentunya pembangunan yang kita lakukan hari ini merupakan warisan yang kita tinggalkan kepada anak cucu kita nanti dan semoga dengan warisan ini dapat menciptakan para pemain sepakbola yang berprestasi dikancah internasional", ucapnya.


Ia juga menambahkan bahwa ini merupakan kebanggaan bagi kita bersama karena Indonesia telah dipercayakan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.


"Tentunya kita semua bertanggung jawab atas suksesnya penyelenggaraan ini, khususnya Kami Sebagai Asosiasi Sepak Bola tertinggi di Indonesia",tegasnya.


Menteri Pemuda dan Olahraga RI,Zainudin Amali menyampaikan bahwa ini merupakan tanggung jawab bersama antara Kemenpora RI dan Kementerian PUPR RI untuk menyelesaikan pekerjaan ini agar tepat waktu,


"ini merupakan tugas bagi kami untuk menyiapkan berbagai program dan tentunya pekerjaan ini tidak akan berhasil tanpa batuan Kementerian PUPR RI dalam mengerjakan pekerjaan fisiknya karena pekerjaan ini merupakan tanggung jawab bersama agar dapat terselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan", pungkasnya. 




Jurnalis : Made
Editor : Mahardika

Share this Article :