Rekomendasi

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 Digelar di Candi Prambanan

Minggu, 01 November 2020 : 18.12
Published by Hariankota

Foto : Istimewa

YOGYAKARTA
- Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 kembali digelar dan disiarkan langsung dari Candi Prambanan selama dua hari. Mulai Sabtu (31/10)-Minggu (1/11).


Bahkan konser ini menjadi Konser Live Streaming dengan durasi terpanjang yang disiarkan langsung. Mulai dari pukul 16.00 sampai 22.00 WIB.


Founder sekaligus CEO Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi, menuturkan sebenarnya acara ini tidak sepenuhnya virtual.


“Ini hybrid karena artis juga bermain langsung di venue,” jelasnya melalui rilis yang diterima HarianKota.com, Minggu (1/11/2020). 


Anas mengungkapkan upaya menghadirkan penonton ke venue secara terbatas sudah dilakukan sampai detik-detik terakhir. 


Dirinya sudah membuat konsep berdiri untuk penonton berupa kotak pagar yang berisi 

maksimal empat orang. Konsep ini diadopsi dari konser di Newcastle Inggris. Namun, tidak mendapatkan izin karena situasi pandemi.


“Walaupun bukan menjadi sebuah kontestasi, keadaan menantang kami untuk bertahan di masa depan, dengan mengusung konsep baru, Prambanan Jazz 

Festival kembali lagi dengan menggandeng tiga belas musisi terbaik tanah air, untuk membawa kembali kejayaan di tengah pandemi yang mengubah situasi,” kata Anas.


Meski penonton tidak bisa hadir langsung ke venue, namun sensasi menonton konser secara langsung tetap bisa dirasakan. 


Rajawali Indonesia, sebagai promotor Prambanan Jazz Virtual Festival 2020, memasang wall fans. Melalui layar tersebut, mereka bisa langsung berinteraksi dengan artis seperti menonton konser musik secara langsung. Demikian pula sebaliknya, para artis pengisi acara juga bisa melakukan interaksi dengan fans yang menyaksikan secara virtual dari rumah.


Sepanjang acara, penonton juga bisa menyaksikan pemutaran dokumenter Prambanan Jazz Festival, termasuk menghadirkan wawancara dan cerita dari orang-orang di balik panggung perhelatan akbar yang telah berusia enam tahun ini.


Joko In Berlin tetap menjadi pembuka perhelatan Prambanan Jazz Virtual Festival pada hari 

pertama, Sabtu, 31 Oktober 2020. 

Fourtwnty menjadi pengisi kedua di hari pertama Prambanan Jazz Virtual Festival 2020. 


Dilanjutkan oleh Isyana Sarasvati yang tahun ini kembali mengisi panggung Prambanan Jazz Festival. Disusul Pusakata menjadi penampil selanjutnya. Ada juga Tompi, yang dalam Prambanan Jazz Festival kali ini menjadi visual director, juga mengisi panggung dan menghibur penonton.


Seorang perempuan muda berbakat bernama Dere. Dan 

penampilan Tulus menjadi penutup hari pertama Prambanan Jazz Virtual Festival 2020. 


Protokol kesehatan ketat diberlakukan sepanjang Prambanan Jazz Virtual Festival

2020. Seluruh artis dan kru yang masuk ke venue wajib menunjukkan surat hasil rapid test. Gugus Tugas Covid-19 DIY juga berada di luar pintu masuk dan mewajibkan pengunjung yang datang dan belum membawa surat hasil rapid test untuk mengikuti tes terlebih dulu.


Di dalam venue, seluruh orang tanpa terkecuali wajib memakai masker, dan jaga 

jarak. Fasilitas mencuci tangan serta hand sanitizer juga tersedia di sejumlah sudut.


Sementara, pada hari kedua, Ardhito Pramono, The Everyday Band, Nadin Amizah, Pamungkas, Sinten Remen feat Endah Laras, dan Yura Yunita menjadi penampil 

perhelatan musik bergengsi ini. Para musisi akan membawakan lagu-lagu mereka 

dalam jazz version. 




Jurnalis : Made
Editor : Mahardika

Share this Article :