Rekomendasi

Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-turut, Pemkab Sukoharjo Dapat Apresiasi Kemenkeu

Kamis, 05 November 2020 : 23.30
Published by Hariankota

 


SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai salah satu pemerintah daerah yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).


Atas capaian ini, Kemenkeu melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, Sugiarso, menyampaikan apresiasinya lantaran WTP ini telah diraih selama lima tahun berturut-turut.


"Ada empat kriteria penilaian dalam mendapatkan WTP," terang Sugiarso kepada hariankota.com usai menyerahkan penghargaan di Lobi ruang Bupati Sukoharjo, Kamis (5/11/2020) sore.


Empat kriteria itu, kesesuaian dengan standar-standar pelaporan keuangan, kelengkapan pelaporan disertai bukti-bukti yang cukup, kesesuaian dengan peraturan pemerintah atau regulasi yang ada, dan konsistensi kepatuhan unit-unit internal Pemkab.


Atas penghargaan ini Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, opini WTP yang diterima merupakan bukti nyata Pemkab Sukoharjo telah menunjukkan komitmen dan kinerja yang baik pada masyarakat.


"Selain itu, juga komitmen mempertanggungjawabkan setiap penggunaan uang negara secara transparan dan akuntabel sesuai dengan kaidah-kaidah pelaporan yang baik dan benar dalam Standar Akuntansi Pemerintah (SAP)," terangnya.


Menurutnya, capaian opini WTP lima kali berturut-turut ini akan menjadi kebanggaan serta cambuk untuk terus ikut serta dalam mewujudkan “clean and good governance” sebagaimana telah dicita-citakan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.


"Saya berharap seluruh ASN bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi serta integritas tinggi agar dapat mewujudkan dan menyajikan laporan pertanggungjawaban keuangan yang lebih berkualitas. Harapannya, opini WTP dapat kembali diraih di tahun-tahun mendatang,"pungkasnya.




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :