Rekomendasi

Syarat Wajib, 1.775 Pengawas TPS Pilkada Sukoharjo Serentak Jalani Rapid Test

Kamis, 26 November 2020 : 15.30
Published by Hariankota

 


SUKOHARJO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo menggelar rapid test serentak bagi petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Rapid test merupakan syarat wajib PTPS sebelum turun ke lapangan menjalankan tugas pengawasan.


Komisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Organisasi dan SDM, Uswatun Mufidah kepada hariankota.com mengatakan, total jumlah PTPS sebanyak 1.775 orang, sesuai jumlah TPS Pilkada di Kabupaten Sukoharjo.


"Karena saat ini masih dalam masa pandemi maka pelaksanaan rapid test serentak tidak berlokasi di satu tempat. Lokasinya merata di 12 Puskesmas, sesuai protokol kesehatan untuk menghindari kerumunan," terangnya saat dihubungi disela rapid test serentak, Kamis (26/11/2020).


Selain PTPS, rapid test juga dilakukan terhadap seluruh jajaran Bawaslu Sukoharjo, mulai dari Pengawas Pemilihan Desa (PPD), Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan stafnya, hingga Komisioner Bawaslu Kabupaten juga beserta seluruh staf.


"Rinciannya, untuk PPD 167 orang, Panwascam dan staf 96 orang, dan Bawaslu Kabupaten beserta staf 23 orang. Jadi jumlah total hari ini kami melaksanakan rapid test terhadap 2.061 orang," jelasnya.


Menyinggung tentang hasil Rapid Test jika ada yang dinyatakan reaktif, Uswatun mengatakan, akan ditindaklanjuti dengan swab test, atau tes usap. Kepada yang bersangkutan juga diminta melakukan isolasi mandiri hingga hasilnya dinyatakan negatif virus corona.


Sementara Ketua Bawaslu Sukoharjo Bambang Muryanto menambahkan, Rapid Test terhadap PTPS dijadwalkan akan kembali dilakukan pada 2 Desember mendatang. Jika hasilnya ada yang reaktif, maka akan dilakukan pergantian.


"Ketentuan jumlah PTPS hanya 1 orang untuk 1 TPS, bertugas selama 1 bulan, dimulai dari akhir kampanye sampai pemungutan suara. PTPS dibentuk 23 hari sebelum pemungutan suara dan dibubarkan 7 hari setelah pemungutan suara," paparnya.


Diketahui, sesuai ketentuan, rekrutmen PTPS dasarnya Peraturan Bawaslu RI, Keputusan Ketua Bawaslu RI No. 0329/K.BAWASLU/HK.01.00/IX/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan PTPS Pilkada serentak 2020.




Jurnalis : Made
Editor : Mahardika

Share this Article :