Rekomendasi

Bantuan RTLH Pemerintah Sulit Diakses, Rumah Subagyo Direhab Pawartos

Minggu, 13 Desember 2020 : 21.19
Published by Hariankota


 SUKOHARJO - Kepedulian terhadap warga tidak mampu ditunjukkan Paguyuban Warga Ageng Kartasura (Pawartos) terhadap Subagyo, warga RT 03 / RW 08, Keputren, Kartasura, Sukoharjo yang menempati rumah diatas lahan magersari.


Pria tua yang hidup bersama istrinya tersebut kesulitan mengakses program bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) dari pemerintah. Kondisi rumah sudah sangat tidak layak.


Memasuki musim penghujan, rumah semi permanen dengan atap genting berusia tua itu sering kemasukan air dan sewaktu - waktu bisa roboh apabila diterpa angin kencang.


Melihat kondisi tersebut, Pawartos tergerak mengulurkan bantuan  membantu merehab rumah Subagyo dengan cara kerja bakti bersama, Minggu (13/12/2020).


Mereka menggalang dana melalui program 10.000 berbagi Pawartos ditambah dari beberapa donatur lainnya yang peduli dengan kondisi rumah Subagyo.


"Kami melihat rumah tersebut sangat layak untuk direhab, maka kami memutuskan untuk merehab rumah Pak Subagyo agar lebih layak ditempati. Karena rumah tersebut margersari maka tidak bisa mendapat bantuan rehab rumah dari pemerintah," kata Imung Risdianto koordinator rehab rumah kepada hariankota.com.


Setelah rehab, kini kondisi rumah tinggal Subagyo sudah lebih baik. Meskipun tidak seperti rumah baru, namun Subagyo dan istrinya melalui Suprapto, selaku Ketua RT setempat,  mengaku sangat senang mendapat bantuan perbaikan rumah.


"Kami sangat berterimaksih atas bantuan Pawartos yang begitu besar, peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan. Sampai saat ini sulit bagi kami untuk memberi bantuan rehab rumah ini," tuturnya.


Mewakili Subagyo, Suprapto menyampaikan, sekarang rumah Subagyo bisa ditempati lebih nyaman dan tidak lagi khawatir bocor jika terjadi hujan, termasuk kondisi kamar didalam rumah juga lebih baik.


Sementara, Presidum Pawartos Bidang Keorganisasian, Suradi, yang juga penggagas kegiatan rehab rumah mengatakan, Gerakan 10.000 berbagi dari Pawartos merupakan bukti nyata sinergi warga untuk kegiatan positif dan bermanfaat.


"Kali ini kami mengadakan program rehab rumah warga fakir miskin, setelah dalam kegiatan sebelumnya dimanfaatkan untuk berbagi sembako secara bergiliran di 12 desa/kelurahan wilayah Kartasura. Untuk bedah rumah kami lakukan pada November dan Desember dengan sumber dana murni dari Program 10 Ribu Berbagi," pungkasnya.




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :