Rekomendasi

Diguyur Hujan Deras Tanpa Henti, 12 Desa di Sukoharjo Kebanjiran

Senin, 14 Desember 2020 : 13.48
Published by Hariankota


SUKOHARJO – Sebanyak 12 desa dari tiga kecamatan di Kabupaten Sukoharjo dilanda banjir akibat hujan deras yang turun tanpa henti sejak sore hingga malam, pada Minggu (13/12/2020) kemarin.

Informasi yang didapat  hariankota.com dilapangan, beberapa warga terpaksa dievakuasi ke tempat aman lantaran rumahnya tergenang air. Evakuasi dilakukan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo dibantu sejumlah relawan.

“Saat ini banjir sudah mulai surut, sebagian besar warga sudah kembali dari pengungsian ke rumah masing-masing. Khusus Desa Bugel, Polokarto masih ada yang mengungsi di balai desa setempat,” kata Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo, Sri Maryanto, Senin (14/12/2020).

Rincian 12 desa yang terkena banjir, yakni Desa Kemasan, Mranggen, Ngombakan, Rejosari, Bakalan, Wonorejo dan Bugel di Kecamatan Polokarto. Kemudian Desa Pandeyan, Kadokan, dan Madegondo di Kecamatan Grogol serta Desa Laban dan Gadingan di Kecamatan Mojolaban.

"Sejak semalam proses evakuasi warga sudah kami lakukan bersama elemen lain. Ketinggian air yang masuk rumah warga bervariasi, ada yang 20 cm hingga 70 cm. Untuk saat ini, kami menghimbau warga tetap waspada karena cuaca belum bersahabat," paparnya.

Untuk membantu warga yang terdampak banjir, Sri mengungkapkan sudah mendistribusikan logistik ke titik -titik lokasi evakuasi. Ada ratusan KK yang terdampak banjir dan sejak semalam dievakuasi ke tempat pengungsian.

Terpisah, Camat Grogol, Bagas Windaryatno menyampaikan, untuk wilayahnya ada beberapa yang terkena banjir, antara lain Dukuh Nusupan, Desa Kadokan. Namun saat ini air mulai surut dan warga sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Selain itu, di Desa Pandeyan juga ada komplek perumahan yang dilanda banjir. Sedangkan di Dukuh Nampan, Desa Madegondo, banjir melanda dua RT, tapi sekarang sudah mulai surut,” pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :