Rekomendasi

Dongkrak UMKM Agar Naik Kelas, Disdagkop Sukoharjo Gelar Kurasi Produk

Selasa, 22 Desember 2020 : 20.33
Published by Hariankota

 

SUKOHARJO - Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sukoharjo menggelar kurasi (seleksi) produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sukoharjo di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) Sukoharjo, Selasa (22/12/2020).


Kurasi dilakukan bekerja sama PT Indomarco untuk memilih produk UMKM yang memenuhi standar dipasarkan di sejumlah toko modern di bawah naungannya.


"Sesuai dengan UU Cipta Kerja, maka semua toko modern wajib 30% dari usaha yang dimilikinya menggunakan/menjual produk- produk UMKM. Dan hari ini dimulai kurasi produk," kata Kepala Disdagkop UKM Sukoharjo, Sutarmo kepada hariankota.com.


Dari 30 peserta kurasi produk UMKM, didapatkan 17 produk diantaranya lolos untuk mengikuti kurasi tahap selanjutnya. Sedangkan bagi produk yang gagal lolos, akan kembali dilakukan kurasi dengan catatan setelah ada perbaikan produk.


"Yang belum lolos, nanti akan difasilitasi lagi. Izin PIRT (Produksi Pangan Industri Rumah Tangga) harus diperbarui, kemudian kemasannya disempurnakan lagi. Kalau sudah diperbaiki, nanti akan dilakukan kurasi lanjutan," ujarnya.


Besarnya peluang produk UMKM masuk toko modern diharapkan memberi semangat dan harapan baru para pengusaha UMKM daerah. Dengan memperbaiki packing dan kualitas produk, UMKM bisa menjadi benteng perekonomian masyarakat Indonesia.


"Dengan dilaksanakannya kurasi ini, tentu akan berdampak pada produk -produk UMKM Sukoharjo hingga nantinya bisa menjangkau ke semua lapisan masyarakat," imbuh Sutarmo.


Toko modern ditegaskannya, wajib ikut memajukan dan menggunakan hasil karya produk UMKM daerah sebagai kebutuhan sehari hari. Tujuan semua ini adalah, supaya bisa maju bersama dan sukses bersama. 



Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :