Rekomendasi

H-1 Coblosan, KPU Kabupaten Sukoharjo Musnahkan 5.847 Surat Suara Rusak

Selasa, 08 Desember 2020 : 17.38
Published by Hariankota

 


SUKOHARJO – Sebanyak 5.847 surat suara rusak Pilkada Kabupaten Sukoharjo 2020 dimusnahkan dengan cara dimasukkan dalam drum untuk kemudian dibakar di halaman kantor KPU Kabupaten Sukoharjo, Selasa (8/12/2020).


Pelaksanaan pemusnahan surat suara rusak dilakukan KPU Kabupaten Sukoharjo bersama Bawaslu Kabupaten Sukoharjo dengan disaksikan aparat kepolisian pada H-1 pemungutan suara, untuk mengantisipasi adanya kecurangan.


“Surat suara hasil sortir yang ditemukan rusak hari ini kami musnahkan. Kerusakan antara lain ada noda tinta, sobek, tidak tercetak utuh, noda tinta di salah satu gambar paslon, noda tinta di dua gambar paslon, dan lainnya,” kata Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo, Nuril Huda.


Kepada hariankota.com ia menjelaskan, sesuai berita acara, KPU Kabupaten Sukoharjo menerima sebanyak 677.863 lembar. Kemudian setelah dilakukan sortir, yang tidak rusak sebanyak 669.701 lembar dan kekurangan kirim 2.315 lembar.


"Total jumlah surat suara riil diterima beserta pengganti sebanyak 683.710 lembar dan jumlah surat suara dipakai dan didistribusikan sebanyak 677.863 lembar. Sedangkan surat suara yang rusak 5.847 lembar," ungkap Nurul.


Diketahui, pemusnahan dilakukan setelah di tempat percetakan surat suara, yakni PT Pura di Kudus juga melakukan hal sama pada plat dan surat suara rusak selama proses produksi.


"Untuk proses pemusnahan di percetakan disaksikan langsung oleh KPU se-Jateng yang menggelar Pilkada melalui aplikasi zoom. Jadi, tidak perlu khawatir, surat suara yang rusak seluruhnya sudah kami musnahkan dengan disaksikan Bawaslu dan aparat kepolisian,” tegasnya.


Nuril juga memastikan, tentang distribusi logistik surat suara untuk pemungutan suara pada 9 Desember sudah terkirim ke setiap TPS pada H-1 ini, dan langsung mendapat penjagaan dari aparat kepolisian bersama Linmas.


"Oleh karenanya, kami berharap pada proses pemungutan suara besok tidak ada kendala khususnya terkait logistik," pungkasnya




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :