Rekomendasi

Jaga Kelestarian Hutan, Wakil Bupati Buleleng Galakkan Tanam Pohon di Bukit Gondol

Sabtu, 19 Desember 2020 : 16.19
Published by Hariankota

Foto Istimewa

BULELENG
- Jaga kelestarian alam di kawasan hutan Kabupaten Buleleng, Wakil Bupati I Nyoman Sutjidra melakukan kegiatan penanaman pohon untuk penghijauan di Bukit Gondol, Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Sabtu (19/12/2020).


Sutjidra yang juga Ketua Dewan Pembina Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Buleleng sebut gerakan penghijauan ini, merupakan hal yang sangat positif bagi alam dan kelestarian lingkungan khususnya di kawasan Pura Puncak Bukit Gondol yang memiliki luas lahan sekitar empat hektar. 


"Dan sesuai dengan konsep Tri Hita Karana, salah satunya hubungan manusia dengan alam semesta," paparnya.  


Dengan demikian secara langsung kelestarian alam dapat terwujud dengan baik dan benar di wilayah Kabupaten Buleleng khususnya di Bukit Gondol.


“Pemerintah berserta masyarakat harus saling bahu-membahu dalam mewujudkan pelestarian alam salah satunya dengan menanam pohon, baik di pekarangan rumah maupun dilahan-lahan kosong yang tidak digunakan. Mudah-mudahan kegiatan ini terus berkelanjutan," jelasnya.


Selain berkelanjutan, kegiatan FPK yang bekerja sama dengan beberapa SKPD lingkup Pemkab Buleleng ini diharapkan mampu memajukan pariwisata Buleleng. Khususnya pariwisata spiritual serta memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.


Untuk itu pihaknya meminta kepada pengempon Pura Bukit Gondol beserta masyarakat Desa Penyabangan agar betul-betul memelihara dan menjaga pohon-pohon yang baru saja ditanam demi kelestarian alam dan masa depan anak cucu.


"Keberadaan pohon ini tergantung pada pengempon Pura Bukit Gondol dan Masyarakat Penyabangan," ucap Sutjidra.


Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaan kegiatan Putu Dewi Puspitawati mengatakan, penghijauan  yang diselenggarakan oleh FPK ini bertujuan untuk melindungi bumi dari bahaya pemanasan global yang semakin terjadi.


Ketidakpedulian manusia menjadi salah satu sumber utamanya seperti melakukan penebangan pohon sembarangan di hutan, pencemaran polusi udara yang berlebihan serta mengurangi efek rumah kaca.


Melalui penanaman 1000 pohon untuk penghijauan di Bukit Gondol, Desa Penyabangan ini diharapkan bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Kabupaten Buleleng. Adapun jenis pohon yang ditanam pada kesempatan ini yaitu, Pohon Kayu Putih, Majugau, Jambu, Sawo Kecik, Rijasa serta tanaman lainnya yang ditanam diatas lahan seluas empat hektar. “Kami menyadari masih banyak kekurangan dan keterbatasan. Tetapi kami tidak akan berhenti untuk berbuat,” katanya.


Dirinya beserta seluruh anggota FPK sangat memerlukan dukungan dan masukan dari semua pihak. Sehingga ke depan FPK bisa lebih baik lagi. Serta bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Buleleng.


“Tentunya masukan dan kritikan yang membangun sangat kami harapkan,”pungkas Dewi Puspitawati.  



Jurnalis : Wayan
Editor : Mahardika

Share this Article :