Rekomendasi

Jelang Akhir Masa Jabatan, Wardoyo Wijaya Terima Penghargaan Nirwasita Tantra

Senin, 21 Desember 2020 : 17.04
Published by Hariankota

 

SUKOHARJO- Menjelang berakhirnya masa jabatan dua periode, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya kembali meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).  Mewakili penerima penghargaan, Wagub Jateng Taj Yasin hadir dalam acara yang digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom, Senin (21/12/2020).


Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2019 diperoleh Wardoyo atas prestasinya sebagai kepala daerah dalam kepemimpinannya berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agustinus Setyono kepada hariankota.com dan awak media lain menyampaikan, penghargaan yang sama juga diberikan kepada DPRD Sukoharjo melalui Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi.  


"Penghargaan kepada DPRD diberikan karena dinilai telah memberi respon pada pengawasan anggaran dan dukungan politik dalam menyelesaikan persoalan lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam serta inovasi lain sesuai kewenangannya dalam pengelolaan lingkungan hidup," jelasnya.


Menurutnya, dasar pemberian penghargaan Nirwasita Tantra ini dinilai dari Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang disusun setiap tahun oleh provinsi, kabupaten/kota.


DIKPLHD disusun oleh tim yang dibentuk oleh kepala daerah, yang keanggotaannya melibatkan unsur-unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Perguruan Tinggi, Instansi Vertikal Pusat dan Lembaga Masyarakat.


"Penilai DIKPLHD adalah Tim Panel yang melibatkan unsur Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Akademisi, Pakar Lingkungan Hidup, LSM dan Wartawan," sebutnya.


Adapun inovasi yang telah dilakukan Kabupaten Sukoharjo dalam upaya pengelolaan lingkungan sesuai dalam DIKPLHD antara lain, program kampung iklim (Proklim), dan pembentukan Bank Sampah dan TPS3R


"Selain itu juga ada program Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan, pengembangan ekowisata berbasis masyarakat,  Integrated Farming, pengembangan pertanian organik serta modernisasi pertanian," sambung Agus.


Diketahui, penghargaan Nirwasita Tantra 2019 yang diberikan pada tahun ini,  diperoleh Bupati Sukoharjo untuk kali kedua, sebelumnya pada tahun 2017 juga pernah meraih penghargaan serupa untuk kategori Kabupaten/Kota kecil. 




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :