Rekomendasi

Kota Solo Dalam Kenangan Mantan Dandenpom Surakarta, Diantaranya Kawal RI 1

Senin, 14 Desember 2020 : 15.44
Published by Hariankota


SOLO - Detasemen Polisi Militer (Dandenpom) IV/4 Surakarta yang semula dijabat Letkol CPM Gunawan Setiadi kini digantikan oleh Mayor CPM Ahmad Suraidy. 


Mayor CPM Ahmad Suraidy  sebelumnya bertugas sebagai Dansatsis Pam VVIP Sepursus Pusdiklatpassus Kopassus.  Sementara Letkol CPM Gunawan Setiadi pindah ke Satuan Dislaikat.  


Mengakhiri masa jabatannya sebagai Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpom) IV/4 Surakarta, Letkol CPM Gunawan Setiadi memiliki kesan tersendiri terhadap kota Solo. 


Menurutnya Solo adalah kota yang warganya ramah tamah,  agung budayanya juga memiliki beragam jenis kuliner. 


"Seperti pak walikota yang filosofinya tinggi,  penuh pembelajaran sehingga kita ikut belajar," paparnya usai acara pelepasan, Senin (14/12). 


Kemudian adalah solidnya koordinasi antar aparat di kota Solo. Seperti diketahui kota Solo adalah kampung halaman presiden Jokowi. Seringkali Jokowi berkegiatan di kota Solo baik saat kedinasan atau pribadi.  


"Sesama aparat itu sangat kompak, solid dan sinergitasnya tinggi. Mulai Danrem, Polres dan dinas-dinas sangat solid pada saat pengamanan RI 1," paparnya. 


Kepada penggantinya Gunawan berharap agar lebih baik dalam memimpin.  Terutama untuk tetap menjaga iklim kondusif di Soloraya yang selama ini sudah kondusif agar lebih ditingkatkan lagi.  


"Karena kondusifitas daerah itu penting (menjaga)  bersama aparat yang lain. Termasuk berkoordinasi dengan tokoh agama (toga) dan tokoh masyarakat (tomas). Juga kenali dan pahami kebudayaan lokal setempat," imbuhnya.  


Gunawan juga menceritakan pengalamannya selama hampir 3 tahun berdinas di Solo saat terlibat langsung dalam pengamanan RI 1. 


Menurutnya hal itu sangat luar biasa. Senang sekaligus bangga, karena itu adalah amanah yang diberikan negara kepadanya.  


"Ini adalah kesempatan yang baik. Karena tidak semua orang mendapat kesempatan (bertugas) di Solo. Jadi kita harus tulus dan ikhlas menjalankan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Insya Allah sukses," imbuhnya.  


Kepada masyarakat Solo,  Gunawan memohon ijin pamit kepada masyarakat Solo untuk menjalankan tugas baru di Jakarta.  


"Salam hormat bagi warga Soloraya, mohon maaf bila ada kesalahan. Dan tetap jaga silaturahmi," pamitnya.


Reporter: Devita Sari
Penulis; Devita Sari
Editor: Gunadi

Share this Article :