Rekomendasi

Kulonprogo Kini Miliki Mall Pelayanan Publik

Jumat, 04 Desember 2020 : 19.21
Published by Hariankota


JOGJAKARTA
- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo resmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kulon Progo, Kamis (3/12/2020).


Pembangunan MPP Kulon Progo ini diawali oleh penandatangan komitmen bersama antara Pemkab Kulon Progo dengan Menteri PANRB pada Februari 2018, kemudian telah dilakukan soft launching, Jum’at (28/12/2018), saat itu total ada 121 layanan perizinan dan non perizinan.


Kemudian seiring berjalannya waktu, MPP juga berkembang hingga pada saat ini telah melayani sejumlah 333 layanan dari berbagai OPD, instansi vertikal, BUMN dan BUMD.


Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengatakan pada prinsipnya visi misi presiden berkaitan dengan reformasi birokrasi adalah untuk merampingkan birokrasi, degan memperpendek rentan birokrasinya.


Sehingga pelayanan perizinan yang selama ini dibutuhkan masyarakat semakin cepat, selain itu agar investasi, pertumbuhan ekonomi di daerah semakin berkembang.


“Pemerintah pusat dan daerah, mulai dari Kementerian hingga kepala desa/kelurahan harus cepat memberikan layanan yang terbaik untuk masyrakat, agar masyarakat semakin puas terhadap birokrasi, harapannya kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” ujar Tjahjo Kumolo.


Sementara itu, Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan MPP merupakan salah satu kebijakan prioritas nasional dalam mewujudkan percepatan pelayanan, akurasi pelayanan, dan fleksibilitas kerja.


Hadirnya MPP ini diharapkan mampu membentuk ASN modern yang memiliki pola pikir untuk berkinerja tinggi, dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik.


"Sehingga berdampak pada tumbuhnya industri mikro dan kecil, memperkuat daya saing global, dan tumbuhnya minat investor, pada akhirnya perekonomian, serta kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” jelasnya.


Bupati Sutedjo menamabhkan, MPP juga bertujuan untuk meningkatkan nilai Ease of Doing Business (EoDB), sekaligus upaya untuk mengubah pola pikir ego sektoral antar institusi, menjadi kerja bersama, agar selalu focus dan komitmen untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat.




Jurnalis : Made
Editor : Mahardika

Share this Article :