Rekomendasi

Kunjungi RSO Dr Soeharso, Menpora Siap Bangun Laboratorium Anti Doping

Jumat, 18 Desember 2020 : 18.36
Published by Hariankota

 

SUKOHARJO - Rencana Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI membangun laboratorium anti doping sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap penegakan anti doping di dunia olahraga tidak lama lagi akan terealisasi.


Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, laboratorium anti doping akan berdiri di kawasan Rumah Sakit Ortopedi (RSO) Dr. Soeharso, Kartasura, Sukoharjo, Jateng, diatas lahan seluas 700 meter persegi.


"Pertimbangan utama kita membangun laboratorium anti doping di Indonesia, karena selama ini untuk tes doping kita harus mengirim sample ke luar negeri dan itu biayanya mahal," kata Menpora Zainudin Amali kepada hariankota.com dan awak media lain saat meninjau lokasi lahan di RSO Dr. Soeharso, Jum'at (18/12/2020) sore.


Dipilihnya lahan di kawasan RSO Dr. Soeharso yang merupakan rumah sakit dibawah kendali Kemenkes ini lantaran ada nilai historisnya. Lokasi rumah sakit sangat berdekatan dengan Kota Solo, kota tempat Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama terselenggara pada Tahun 1948.


"Rencana pembangunan ini di awali pembicaraan saya dengan Presiden World Anti-Doping Agency (WADA) yaitu, Badan Anti Doping Dunia. Kalau kita, yang di Indonesia namanya LADI (Lembaga Anti-Doping Indonesia). Saya sampaikan bahwa kita ada keinginan mau membangun laboratorium anti doping sendiri," ungkap Menpora.


Tak butuh waktu lama, rencana tersebut rupanya diketahui oleh Menkes Terawan Agus Putranto setelah membaca berita dari media massa. Ia menawarkan kesiapannya membantu Menpora menyediakan lahan untuk mewujudkan rencana membangun laboratorium anti doping di Kota Solo, tepatnya di kawasan RSO Dr. Soeharso.


"Jadi kenapa kita memilih disini, ini memang semangat Pak Menkes untuk memberikan tempat buat kami guna kepentingan olahraga. Ke depan dengan adanya laboratorium ini saya berharap jumlah tes bisa meningkat signifikan," pungkas Menpora yang hadir didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto dan Sekretaris LADI Firtian Judiswandarta.




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :