Rekomendasi

LPTP Gelar Pelatihan Wirausaha Domba di desa Kaliboto

Sabtu, 12 Desember 2020 : 14.51
Published by Hariankota


KARANGANYAR
  - Tim dari Yayasan LPTP (Lembaga Pengembangan Terknologi Pedesaan) gelar pelatihan kepada warga desa Kaliboto, Mojogedang budidaya domba. 


Seminar dan pelatihan ini digelar sebagai aksi nyata revolusi mental di daerah, untuk gerakan Indonesia mandiri, dan mewujudkan desa Kaliboto sebagai desa wirausaha domba di Karangnyar. 


Peserta yang merupakan warga setempat terlihat antisias mengikuti pemaparan dan pelatihan dari narasumber. Dihari pertama mereka mendengarkan paparan dari narasumber,  dan dihari dikedua langsung praktek di lapangan.


Ketua Yayasan LPTP, Rahadi sebut domba merupakan salah satubternak potensial di negeri ini. Permintaannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu domba merupakan jenis ternak yang cukup mudah dari sisi perawatan dan pemeliharaanya.

 

"Pangsa pasarnya jelas. Untuk ekspor ke Timur Tengah masih terbuka luas. Saat ini supply domba terbesar berasal dari Jawa Barat dan Jawa Timur. Dan kami harap Jawa Tengah bisa menyusul," paparnya, Sabtu (12/12/2020).


Alasan memilih Kaliboto sebagai sentra pelatihan domba, salah satunya lahannya masih luas dan cocok untuk pengembangan peternakan. Karena kondisi lahan untuk pertanian tidak begitu efektif.  


"Kegiatan kerjasama dengan dengan kemenko PMK. Kita berikan pelatihan sebagai bekal untuk mereka bisa meningkatkan perekonomian dengan berternak domba," imbuhnya.  


Rahadi sebut, pihaknya melihat potensi yang ada di Kaliboto sangat potensial, lahan masih luas dan sudah ada beberapa warga yang memelihara domba.


Disamping itu dengan ternak domba ROI-nya (return on investment) bisa lebih cepat dibanding sapi. Untuk sapi beranak setahun sekali, dan domba 2 kali dalam setahun. 


Pelatihan untuk peternakan domba ini akan dibuat lebih modern termasuk mengajarkan kepada peternak tidak hanya hewannya saja yang bermanfaat namun kotoran dari ternak memiliki nilai ekonomis jika dikelola dengan baik.


Sementara itu perwakilan dari Dinas Pertanian Karanganyar bidang peternakan Suparno sebut, pihaknya mengapresiasi pelatihan ternak domba bagi warga. 


"Harapannya ilmu yang didapat dalam pelatihan ini bisa dipraktekkan warga sehingga bisa meningkatkan taraf hidup," pungkasnya.  




Jurnalis : Made
Editor : Mahardika

Share this Article :