Rekomendasi

Muscab III, Pemilihan Ketua DPC Peradi Surakarta "One Man One Vote"

Selasa, 15 Desember 2020 : 18.01
Published by Hariankota


SOLO - Pemilihan ketua Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Surakarta dalam Musyawarah Cabang (Muscab) III, bakal diramaikan empat kandidat, Badrus Zaman (petahana), Zainal Abidin, Kadi Sukarna, dan Kusuma Retnowati.


Pemilihan tidak dilakukan dengan sistem perwakilan atau delegasi, namun bakal dilakukan dengan sistem "one man one vote". Ratusan anggota pemilik hak suara diharapkan hadir langsung memilih ketua DPC Peradi Surakarta masa bakti 2020-2025.


"Jumlah anggota DPC Peradi Surakarta pemilik suara saat ini sekira 550 yang kami himpun dari web keanggotaan. Tapi perkiraan kami tidak semua bisa datang," kata Ketua Panitia Pelaksana Muscab, Song Sip kepada hariankota.com, Selasa (15/12/2020).


Mencegah terjadinya kerumunan saat acara, panitia akan membuat batas dengan membagi peserta dalam empat ruang, atau menyesuaikan aturan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.


"Misalnya aturan Gubernur, kalau satu ruang hanya boleh maksimal menampung 50 orang, ya kami akan mengikuti itu. Jadi pemilih tidak datang serentak. Ada tenggang waktu cukup lama selama satu hari. Selesai memilih diharapkan segera pulang," tuturnya.


Penghitungan hasil pemungutan suara akan dihitung berdasarkan suara sah anggota yang datang memilih. Tidak ada batasan kuorum dari total keseluruhan anggota pemilik hak suara.


"Misalnya yang datang separo, ya itu yang akan dihitung. Pemenang, atau ketua terpilih akan ditentukan berdasarkan suara pemilih terbanyak dari total suara sah. Yang tidak datang memberikan suara tidak dihitung," papar Song Sip.


Sesuai jadwal, Muscab akan berlangsung pada 19 Desember 2020 di Hotel Lor In, Colomadu, Karanganyar dengan mengundang seluruh anggota Peradi Surakarta dari Solo, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, dan Sukoharjo.




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :