Rekomendasi

Operasi Lilin Candi, Pospam Nataru Fokus Cegah Kerumunan

Minggu, 20 Desember 2020 : 17.47
Published by Hariankota

 


SUKOHARJO- Mengantisipasi tingginya mobilitas masyarakat saat Natal dan Tahun Baru (Nataru), Operasi Lilin Candi 2020 Polres Sukoharjo fokus mencegah potensi kerumunan sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).


Informasi yang didapat hariankota.com, tahun ini pelaksanaan operasi ditengah pandemi penekanannya sedikit berbeda, yakni mengedepankan aturan protokol kesehatan (prokes) dengan lebih tegas. Jika terjadi pelanggaran Prokes maka bisa dipidanakan.


"Operasi Lilin Candi dimulai besuk (Senin, 21 Desember) hingga 4 Januari 2021. Utamanya penegakan prokes, dilarang ada kerumunan kalau ada (kerumunan) sanksinya bisa pidana," kata Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Minggu (20/12/2020).


Sedikitnya tiga Pos Pengamanan (Pospam) siap dioperasikan ditambah dua pos pantau. Pospam di Terminal Lama Kartasura, Simpang Empat Patung Pandawa Solo Baru, dan Simpang Lima Sukoharjo Kota.


"Untuk dua pos pantau berada di Simpang Tiga Tugu Kartasura, dan Terminal Sukoharjo Kota. Pendirian pospam dan pos pantau ini ditempatkan di titik strategis. Selain memantau kerumunan massa, di titik tersebut ada sejumlah objek vital," imbuh Kapolres.


Dalam Operasi Lilin Candi ini, Polres Sukoharjo disebutkan Kapolres juga dibantu personel dari TNI, Dinas Perhubungan Sukoharjo, Linmas, relawan Senkom, serta Satgas Covid-19 Kabupaten.


Sementara, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Sukoharjo Iptu Liyan Prasetyo menambahkan, pemantauan arus lalu lintas akan fokus di titik Simpang Tiga Tugu Kartasura, Underpass Makamhaji, Sukoharjo Kota, dan Jalan Ir. Soekarno.


"Dengan dibukanya flyover Purwosari Kota Solo, kami prediksi akan mengurangi kemacetan di underpass Makamhaji, Kartasura. Untuk black spot, fokus pada jalan raya Sukoharjo-Wonogiri. Disana setiap kendaraan yang melintas cenderung cepat," pungkasnya.



Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :