Rekomendasi

PKL Direlokasi, Pemkab Buleleng Bantu Gerobak

Rabu, 16 Desember 2020 : 16.52
Published by Hariankota

Foto Humas

BULELENG
- Pemerintah Kabupaten Buleleng memberikan bantuan hibah berupa gerobak rombong dan tenda untuk membuka lapak di lokasi yang baru, yakni di areal Ruang Terbuka Hijau (RTH) Soenda Ketjil, Kelurahan Kampung Tinggi, Kecamatan Buleleng, Bali. 


Sebelumnya pedagang Kaki Lima (PKL) yang berdagang di sebelah timur jembatan eks Pelabuhan Buleleng direlokasi. Sebagai bentuk perhatian terhadap para PKL tersebut.  


Mewakili Bupati Buleleng, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Buleleng Dewa Made Sudiarta menyerahkan secara simbolis gerobak rombong dan tenda tersebut, di RTH Soenda Ketjil, Selasa (15/12/2020) lalu,  seperti dikutip dari laman resmi Pemkab Buleleng. 


Usai penyerahan, Dewa Sudiarta mengatakan, bantuan ini diberikan kepada total 13 PKL dengan tujuan terus mendorong pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Buleleng agar tetap bisa melanjutkan usahanya dalam situasi apapun.


Kemudian Pemkab Buleleng melalui Dinas Dinas Pariwisata akan melakukan penataan terhadap beberapa Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Buleleng, untuk memaksimalkan proses penataan, para PKL tersebut.


“Awalnya mereka berdagang di sebelah timur jembatan eks Pelabuhan Buleleng. Nah lokasi itu akan ditata kembali oleh Dinas terkait. Sehingga agar tetap terlihat rapi dan bisa terus berdagang diarahkan ke RTH Soenda Ketjil ini dengan diberikan bantuan tenda dan gerobak rombong,” ujar dia.


Namun rombong dan tenda tersebut sifatnya tidak menetap. Ketika akan berjualan pada sore hari, tenda dan rombong baru bisa dipasang. Kemudian setelah tutup dibersihkan kembali, agar tetap bisa menjaga kebersihan RTH. Hal tersebut mendapat respon positif dari para pedagang. Walaupun direlokasi, mereka tetap bisa berjualan dengan tempat yang cukup memadai.


“Rombongnya sudah seragam, dari sisi estetika sudah lebih bagus. Saya yakin mereka akan lebih nyaman berjualan dengan tempat yang lebih bersih dan memadai ini,” imbuh Dewa Sudiarta.


Sementara itu, Bupati Buleleng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadis Dewa Sudiarta mengungkapkan, pelaku UKM yang bergerak di sektor perdagangan termasuk PKL memiliki peran penting dalam menggerakkan sektor pangan, olahan makanan dan minuman yang berkembang saat ini. Bahkan di perkotaan beberapa kawasan sentra-sentra PKL, menjadi pusat berkembangnya kuliner masyarakat.


“Diharapkan PKL dapat melaksanakan aktivitas usahanya pada zona yang ditetapkan, menyediakan pangan aman, pelayanan ramah, suasana nyaman, higienis, bersih dan lestari,” tutup dia. 




Jurnalis : Wayan
Editor : Mahardika

Share this Article :