Rekomendasi

PMI Buleleng Optimalkan Stok Darah dari Kantong Donor dan PDDI

Sabtu, 12 Desember 2020 : 19.19
Published by Hariankota


BULELENG
- Jaga ketersediaan stok darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng, Bali mengoptimalkan kantong-kantong atau gudang pendonor dan juga anggota dari Perkumpulan Donor Darah Indonesia (PDDI).


Ketua PMI Kabupaten Buleleng yang juga Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra selaku   menjelaskan, secara umum, ketersediaan darah masih mencukupi. 


Untuk memenuhi kebutuhan darah tersebut, PMI Buleleng memiliki kantong-kantong donor yang selam ini mendukung pasokan darah di PMI Buleleng.  


"Kantong donor ini merupakan instansi yang bisa diminta untuk melakukan donor jika terjadi kekurangan. Seperti Sekolah Polisi Negara (SPN), Yonif 900 Raider, Dodiklatpur dan juga Secata. Instansi TNI/Polri banyak melakukan donor darah," terangnya.  


Disamping itu PMI juga berupaha mengajak instansi-instansi pemerintah lain termasuk BUMN untuk bisa melaksanakan kegiatan donor darah


 Bahkan kegiatan donor darah juga merambah desa-desa yang ada di Kabupten Buleleng. Dimana masyarakat ikut berpartisipasi sebagai pendonor.  


"Unit Donor Darah (UDD) dengan armada donor mobile terus mendapatkan undangan dan melakukan pengambilan darah (di desa)," imbuhnya.  


Termasuk undangan dari organisasi sosial kemasyarakatan yang ingin mendonorkan atau menyumbangkan darah dari para anggotanya. 


“Kita terus bergerak untuk menjaga stok darah di Buleleng,” ucap Sutjidra.


Saat ini ketersediaan darah di Buleleng masih sangat aman. Jika ada kekurangan, PMI Buleleng bisa mengontak anggota dari PDDI. Yang secara berkala menjadi pendonor. 


Sementara itu, Ketua PDDI Buleleng Ketut Arka saat dikonfirmasi terpisah menyebut organisasinya rutin turun untuk memberikan edukasi mengenai manfaat donor darah dan juga langsung melakukan pengambilan darah.


"Sebelum pandemi covid-19, PDDI langsung turun ke instansi seperti Disdikpora dan SMA-SMA. Termasuk ke desa-desa. “Kita berkoordinasi ke desa memberikan motivasi untuk melakukan donor darah sehingga stok ketersediaan darah tetap aman,” pungkanya.



Jurnalis : Made
Editor : Mahardika

Share this Article :