Rekomendasi

Rapid Test Acak Pelaku Perjalanan, Satu Orang Reaktif Covid-19

Rabu, 23 Desember 2020 : 16.56
Published by Hariankota

 


SUKOHARJO- Satu orang pelaku perjalanan dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan Rapid Test acak terhadap sekira 25 orang penumpang mobil pribadi yang dihentikan petugas Pos Pengamanan (Pospam) Terpadu di Kartasura, Rabu (23/12/2020).


"Kami melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan roda empat dari luar daerah. Dari sekira 50 mobil pribadi yang dihentikan, dilakukan rapid test secara acak pada 25 orang. Hasilnya, satu orang reaktif," kata Kepala Pospam Kartasura, AKP Banuari.


Terhadap temuan hasil rapid test reaktif tersebut, oleh petugas diminta putar balik kembali ke wilayah asalnya. Kepada yang bersangkutan diminta melakukan isolasi mandiri.


Kepada hariankota.com, Banuari menjelaskan, pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan merupakan bagian dari penyekatan dalam rangka Operasi Lilin Candi. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi pemudik atau pendatang dari luar daerah.


"Mobil pribadi luar daerah yang dihentikan, seluruh penumpang diperiksa kesehatannya. Petugas kesehatan melakukan rapid test secara acak. Untuk yang hasil non reaktif bisa melanjutkan perjalanan," paparnya.


Menurut Banuari, rata-rata kendaraan mobil pribadi yang dihentikan untuk diperiksa, datang dari arah Yogyakarta dan Semarang dengan tujuan Sukoharjo atau Solo.


“Kami juga menyampaikan himbauan kepada para pengemudi supaya tetap menjaga jarak, selalu memakai masker dan cuci tangan guna mencegah dan memutus penyebaran virus corona,” imbuhnya.


Sementara, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menyampaikan, pemeriksaan pendatang atau pemudik dilakukan di perbatasan, salah satunya di wilayah Kecamatan Kartasura.


"Pendatang dari luar daerah diperiksa dan secara random dilakukan rapid test. Ini dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus corona selama libur Natal dan Tahun Baru," pungkasnya.



Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika 

Share this Article :