Rekomendasi

Unggul Perolehan Suara, Etik-Agus Belum Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilkada Sukoharjo

Selasa, 29 Desember 2020 : 18.23
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Hingga kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo belum menjadwalkan penetapan Etik Suryani- Agus Santosa (EA) sebagai pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati terpilih hasil Pilkada.


Unggul dalam perolehan suara atas paslon Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa (JosWi), penetapan Etik-Agus oleh KPU masih harus menunggu terbitnya Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK).


“Harapannya (BPRK) bisa segera keluar sehingga penetapan paslon terpilih hasil Pilkada bisa dilakukan,” terang Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, Selasa (29/12/2020).


Tahapan Pilkada saat ini, disebutkan tinggal penetapan paslon terpilih. Oleh karenanya, jika BRPK dari MK sudah keluar, maka KPU segera menjadwalkan pleno penetapan maksimal lima hari setelah BRPK diterima.


"Dari informasi yang kami terima, BRPK keluar menyesuaikan dengan jadwal di MK dimana menurut Peraturan MK No 8 Tahun 2020, pencatatan permohonan dalam e-BRPK dilakukan pada 6-15 Januari 2021 mendatang," ujarnya.


Kepada hariankota.com Nuril menjelaskan, nantinya KPU Sukoharjo akan mendapat surat dari KPU RI tentang e-BRPK dari MK. Jika mengacu pada peraturan MK tersebut, e-BRPK baru turun pada pertengahan Januari 2021 mendatang.


Seperti diketahui, hasil pleno KPU Sukoharjo, paslon EA unggul dengan meraih 266.500 suara (53,34%), sedangkan paslon JosWi meraih 233.108 suara (46,66%). Dari hasil tersebut, paslon JosWi tidak mengajukan gugatan ke MK.



Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :