Rekomendasi

Abu Bakar Ba'asyir Akan Bebas, Keluarga Berharap Tidak Sambutan Kerumunan

Selasa, 05 Januari 2021 : 00.43
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Merespon informasi Abu Bakar Ba'asyir (ABB) akan bebas dari Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, keluarga berharap tidak ada kerumunan saat menyambut kedatangannya di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Sukoharjo.


"Alhamdulillah. Saya sendiri belum mendapatkan kabar resmi. Harapannya tidak perlu ada kerumunan," kata putra Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rochim saat dikonfirmasi wartawan, Senin (4/1/2021) sore.


Pria yang akrab dipanggil Ustad Iim ini mengatakan, usai bebas dari penjara, ayahnya akan kembali ke Ponpes Al-Mukmin, Ngruki. Sukoharjo. Mencegah potensi kerumunan, pihak keluarga berencana membatasi jumlah tamu yang hendak menyambut.


"Sudah rapat dengan pihak pondok. Nanti beliau pulang ke Ngruki. Kami inginnya juga tidak banyak tamu. Mungkin nanti yang boleh masuk hanya beberapa saja, kita batasi," terangnya.


Dengan adanya pembatasan tamu tersebut, Iim pun mengaku tidak akan menyiapkan acara penyambutan khusus untuk ayahnya. Pencegahan penyebaran wabah Covid-19 menjadi pertimbangan utama.


"Tidak ada acara khusus. Kita tahu saat ini masih dilarang kumpul-kumpul, masih pandemi. Apalagi beliau kan juga termasuk rentan, sudah sepuh (Tua-Red)," katanya.


Seperti diketahui, ABB merupakan narapidana yang menjalani masa pidana atas tindak pidana terorisme atau melanggar Pasal 15 jo. 7 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003. Ia divonis pidana penjara selama 15 (lima belas) tahun


Informasi yang didapat hariankota.com, sesuai dengan tanggal ekspirasi atau berakhirnya masa pidana, maka ABB akan dibebaskan pada 8 Januari 2020 mendatang.


Dalam pembebasan ABB, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bersinergi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Densus 88 Antiteror, dan berkoordinasi dengan pihak keluarga dan pihak-pihak terkait.



Jurnalis : Sapto Nugroho
Editor : Mahardika

Share this Article :