Rekomendasi

Akhirnya Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Berhasil Ditemukan

Selasa, 12 Januari 2021 : 20.55
Published by Hariankota


JAKARTA - Tim penyelam dari TNI Angkatan Laut berhasil menemukan kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Black box ditemukan di sekitar Pulau Laki-Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Selasa (12/1/2020) pukul 16.20 WIB.


Black box yang didalamnya berisi data penerbangan yang nantinya bisa digunakan untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182.


Setelah black box ditemukan,  fokus pencarian tim SAR gabungan selanjutnya adalah bagian lain dari black box, yaitu Cockpit Voice Recorder (CVR) atau perekam suara kokpit.


Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebut besar harapan agar CVR segera ditemukan. Pasalnya CVR  akan sangar membantu proses penyelidikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait jatuhnya pesawat.


"Kami meyakini semua segera ditemukan. Saya mengucapkan terima kasih atas kerja kerasnya," ujar Hadi dalam konferensi pers di Terminal JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/1/2021).


Temuan hari ini langsung diserahkan ke KNKT untuk dilakukan investigasi sebab jatuhnya pesawat. Selain itu evakuasi korban dan seluruh body pesawat akan terus dilakukan untuk melengkapi data penyelidikan KNKT


"FDR ini kita serahkan ke KNKT untuk penyelidikan lebih lanjut," imbuhnya.


Reporter: Made Suganda
Penulis: Made Suganda
Editor: Gunadi


Share this Article :