Rekomendasi

Bebas Murni Tanpa Seremoni, Perjalanan Rombongan ABB Dikawal Secara Estafet

Jumat, 08 Januari 2021 : 18.08
Published by Hariankota

 


SUKOHARJO - Dengan pengawalan tertutup secara berantai sekira pukul 13.35 WIB, Abu Bakar Ba'asyir (ABB) bersama rombongan tiba di Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo setelah melakukan perjalanan darat dari Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, Jum'at (8/1/2021).


Pantauan hariankota.com, sesuai dengan keinginan keluarga dan pihak ponpes, tidak ada seremoni penyambutan apalagi kerumunan massa saat iring-iringan mobil penjemput ABB yang datang dari Bogor memasuki halaman ponpes di Ngruki.


Ketatnya pengamanan dari internal ponpes, tidak mengijinkan puluhan awak media masuk ke halaman untuk mencegah terjadinya kerumunan. Momen kedatangan ABB hanya bisa diabadikan dari luar gerbang ponpes.


Koordinator Tim Pembela Muslim (TPM) Ahmad Michdan yang ikut menjemput ABB dari lapas, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada aparat keamanan atas pengawalan tertutup terhadap rombongan selama perjalanan.


"Pengamanan selama perjalanan dilakukan secara estafet karena melewati beberapa wilayah hukum. Jadi, dari Polda Jabar kemudian disambung masuk wilayah hukum Polda Jateng," kata Ahmad yang mengaku tidak terlalu mempermasalahkan soal pengamanan tersebut.


Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pengamanan yang dilakukan, baik dari internal ponpes maupun dari pihak kepolisian dinilai berperan penting dalam menjaga keselamatan dan kesehatan ABB selama perjalanan hingga tiba di tujuan.


"Kami tidak mau nanti seperti kasus Habib Rizieq yang kemudian bermasalah. Jadi ini semua untuk menjaga kepentingan bersama dan menjaga keselamatan Ustad Abu Bakar Ba'asyir," imbuhnya.


Diketahui, sedikitnya ada 9 mobil dan 1 mikro bus yang membawa rombongan ABB setelah resmi bebas murni dari lapas. Selain perwakilan keluarga, dan perwakilan dari pengacara TPM, juga  ada ambulan dari tim kesehatan yang mengiringi selama perjalanan. 



Jurnalis : Sapto 
Editor : Mahardika

Share this Article :