Rekomendasi

Bulan Bahasa Bali 2021 Digelar Secara Luring dan Daring

Minggu, 24 Januari 2021 : 21.52
Published by Hariankota


DENPASAR
- Bulan Bahasa Bali untuk yang ketiga kalinya dari 1-28 Februari 2021 tetap digela

Pemerintah Provinsi Bali. Bertujuan  sebagai bentuk pemuliaan terhadap bahasa, aksara dan sastra Bali.


Karena kondisi saat dalam masa pandemi Covid-19, pelaksanaanya digelar secara luring dan daring dengan mengangkat tema "Wana Kerthi: Sabdaning Taru Mahottama" yang bermakna Bulan Bahasa Bali sebagai Altar Pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali Tertaut Jelajah Pemaknaan Hutan sebagai Prana Kehidupan. 


"Bulan Bahasa Bali merupakan implementasi Peraturan Gubernur Bali nomo 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali sertaPenyelenggaraan Bulan Bahasa Bali," papar Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Prof Dr I Wayan "Kun" Adnyana di Denpasar, Minggu (24/1). 


Tak jauh berbeda dengan pelaksanaan Bulan Bahasa Bali pada tahun-tahun sebelumnya, untuk Bulan Bahasa Bali 2021 akan menyajikan sejumlah agenda acara yang dikemas dalam bentuk Widya Tula (seminar), Kriya Loka (lokakarya), Prasara (pameran), Wimbakara (lomba), Utsawa (festival), Sesolahan (pergelaran), dan pemberian penghargaan Bali Kerti Nugraha Mahottama.

embali bersih (suci).


Penghargaan Bali Kerti Nugraha Mahottama akan diberikan kepada dua tokoh yang telah berjasa dalam usaha pelestarian dan pengembangan bahasa, aksara, dan sastra Bali. Penghargaan berupa lencana emas dan hadiah uang masing-masing Rp100 juta.


"Dengan berbagai agenda acara yang disiapkan selama Bulan Bahasa Bali ini diharapkan dapat menyemesta hingga ke seluruh desa adat di Bali dan benar-benar menjadi altar pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali," tutup Kun Adnyana.



Jurnalis : Made
Editor : Mahardika

Share this Article :