Rekomendasi

Hujan Deras, Jembatan Penghubung Antar Desa di Sukoharjo Roboh

Jumat, 29 Januari 2021 : 14.12
Published by Hariankota

 


SUKOHARJO- Akibat diguyur hujan deras intensitas tinggi sebuah jembatan penghubung antar desa di atas Sungai Buntung, Desa Lengking, Kecamatan Bulu, Sukoharjo roboh. Kejadian baru diketahui, Kamis (29/1/2021) pagi.


"Jembatan menghubungkan Desa Lengking, Ngasinan, Puron, dan Kunden, Kecamatan Bulu. Jembatan roboh karena tak kuat menahan derasnya arus Kali (sungai-Red) Buntung," kata Kepala Desa (Kades) Lengking, Mulyanto.


Sebelum jembatan diketahui ambrol, di wilayah Kecamatan Bulu menurut Mulyanto sehari sebelumnya (Kamis-Red) terjadi hujan deras dari pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB. Diduga robohnya jembatan karena tidak kuat menahan sumbatan berupa potongan batang bambu yang tersangkut.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Sri Maryanto saat dikonfirmasi hariankota.com membenarkan kejadian tersebut. Selain menyebabkan satu jembatan roboh, luapan sungai juga membuat lahan sawah seluas 70-80 hektar di Desa Lengking ikut terendam.


"Lahan pertanian mulai masa tanam tergenang, dan tanggul di beberapa tempat juga jebol. Untuk korban jiwa nihil," imbuhnya.


Dari hasil koordinasi dengan Kades Lengking, Sri menyampaikan bahwa untuk perbaikan jembatan dan tanggul yang ambrol merupakan kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).


"Kami menghimbau warga yang tinggal di daerah tersebut agar tetap siaga, tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dilokasi dengan terus memantau perkembangan situasi di lapangan," tandasnya.


Ditambahkan, untuk saat ini warga desa yang biasa saling terhubung dengan keberadaan jembatan dengan panjang sekira 7 meter, lebar 2,5 meter itu harus mencari jalur alternatif lain.  


"Usia bangunan jembatan sendiri sebenarnya juga sudah tua, berdiri sejak sekira 40 tahun lalu," pungkas Sri. 



Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :