Rekomendasi

Menkes Pantau Suntik Vaksin Covid

Kamis, 28 Januari 2021 : 22.33
Published by Hariankota

Foto Istimewa 

SLEMAN
- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin

hadir dalam penyuntikan vaksin massal di Grha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (28/1/2021).


"Untuk mengejar kekebalan komunal ditargetkan vaksinasi Covid-19 diberikan kepada satu juta orang per hari," jelas Budi. 


Sebanyak 70 persen masyarakat Indonesia (sekitar 181 juta) harus diberikan suntikan vaksin sebanyak dua kali. Maka dalam  setahun 365 hari, sehingga  rata-rata sehari harus satu juta orang yang mendapat suntikan vaksin. 


Kementerian, saat berupaya  mencari terobosan bagaimana bisa memberikan suntikan vaksin dalam jumlah banyak per hari. Minimal antara 5.000-10.000 per hari di beberapa titik.  


Dalam vaksin tahap pertama dengan menyasar sumber daya manusia tenaga kesehatan (SDM Nakes) ada 1,5 juta yang ditargetkan selesai pada akhir Februari nanti.


"Suntikan pertama harus selesai pada pekan ketiga Februari dan kedua pada akhir bulan," imbuhnya. 


Sementara ith Direktur Utama RSUP Dr Sardjito Rukmono Siswihanto mengatakan, vaksin massal ini untuk menindaklanjuti arahan dari Kemenkes untuk mempercepatan pemberian vaksin.  


"Semoga 3.300 nakes yang terdaftar bisa terlayani semua dan bagi yang tidak memenuhi persyaratan, akan disusulan 2 minggu lagi, saat  vaksinasi kedua,” pungkasnya. 



Jurnalis : Dan
Editor : Mahardika

Share this Article :