Rekomendasi

Pasca Dua Hari Pelaksanaan Vaksinasi Nakes, Belum Ada Laporan Efek Samping

Sabtu, 16 Januari 2021 : 18.48
Published by Hariankota

 


SOLO —Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menyatakan, selama dua hari pelaksanaan vaksinasi tahap pertama terhadap tenaga kesehatan (nakes) belum ada laporan efek samping akibat suntikan vaksin Sinovac.


Informasi yang didapat hariankota.com, dari target 10.620 nakes yang masuk data di Kota Solo, sudah ratusan dan 11 tokoh masyarakat telah menjalani disuntik vaksin pada, Kamis-Jumat (14-15/1/2021) kemarin.


“Sudah ada ratusan nakes yang telah diberikan vaksinasi Sinovac selama dua hari terakhir. Untuk laporan efek samping tidak ada yang masuk,” ujar Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih kepada wartawan, Sabtu (16/1/2021).


Termasuk 11 tokoh masyarakat, diantaranya Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak yang mendapatkan vaksin pertama di RSUD Bung Karno, Solo, juga tidak ada laporan keluhan efek samping.


“Harapan kami sampai vaksinasi selesai tidak ada keluhan,” kata Siti.


Dijelaskan, mengingat banyaknya jumlah nakes di Kota Solo yang di vaksin maka pelaksanaannya berjalan secara bertahap. Mulai Januari sampai Maret mendatang dengan target menyasar  10.620 orang nakes.


“Untuk tahap kedua vaksinasi di Solo di laksanakan di 12 Puskesmas, yakni Puskemas Pajang, Penumping, Purwosari, Gajahan, Sangkrah, Purwodiningratan, Ngoresan, Sibela, Nusukan, Gilingan, Stabelan, dan Gambirsari," paparnya.


Sementara, berdasarkan laporan pelaksanaan vaksinasi nakes tahap pertama selama dua hari, Siti mengungkapkan diikuti sebanyak 330 nakes. Namun 18 orang diantaranya gagal di suntik vaksin karena mengalami tekanan darah tinggi.


“Data yang masuk ada 18 nakes yang gagal diberikan vaksin Sinovac pada tahap pertama pada Kamis (14/1/2021) kemarin,” pungkasnya.



Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :