Rekomendasi

Pemprov Bali Tingkatkan Kerjasama Bali Dengan Jepang

Rabu, 13 Januari 2021 : 22.35
Published by Hariankota


DENPASAR
- Kerjasama Jepang-Indonesia, diharapkan tetap terjaga pada masa-masa mendatang. Hal itu disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster saat bertemu Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Denpasar, Ms. Katsumata Harumi. 


Gubernur Koster sebut selama ini jalinan kerjasama sangat baik kedua negara, di antaranya terkait bidang pariwisata, ekonomi, pendidikan dan lainnya. 


"Saya harapkan ke depannya bisa ditingkatkan lagi karena secara budaya Jepang dan Bali ada kemiripan, dan masyarakat Jepang pun sangat menghargai budaya yang ada di Bali,” ungkap Gubernur Koster.


Koster juga menyebut potensi kerjasama lain yang dapat dikembangkan kedua belah pihak, yakni menyangkut penyediaan energi bersih berkelanjutan serta teknologi transportasi ramah lingkungan.


“Bali kini sangat berkepentingan dengan pengembangan energi bersih yang berkelanjutan serta transportasi ramah lingkungan melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Jepang kita ketahui sangat maju di bidang tersebut,” tegasnya.  


Salah satu rencana kerjasama diantaranya terkait penambahan rute penerbangan langsung Denpasar – Tokyo guna memudahkan lagi kunjungan warga Negeri Sakura tersebut ke Bali akan dikembangkan setelah pandemi Covid berakhir.  


“Saya sudah diskusi dengan Duta Besar Jepang dan pihak Garuda (Garuda Indonesia , red) dan semoga bisa terlaksana setelah kita selesaikan masalah pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.


Sementara itu Konjen Harumi sebut Bali tetap jadi salah satu tujuan wisata utama bagi warga Jepang yang akan berlibur. Sebab Bali kaya dengan budaya dan seni, alamnya juga sangat indah. 


"Banyak sekali warga Jepang yang sangat cinta dengan Bali, dan saya akan lakukan hal terbaik untuk membantu memulihkan Bali nantinya,” pungkasnya.



Jurnalis : Wayan 
Editor : Baharadika

Share this Article :