Rekomendasi

Sukoharjo Berlakukan PSBB, Warung Angkringan Wajib Tutup Pukul 19.00 WIB

Minggu, 10 Januari 2021 : 18.19
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Pemkab Sukoharjo dipastikan bakal menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai 11-25 Januari 2021. Sejumlah aturan untuk mencegah kerumunan sebagai upaya menekan laju penyebaran wabah Covid-19 bakal diberlakukan dengan ketat.


Sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Nomor 400/061/2021 tertanggal 8 Januari 2021, ada pembatasan sejumlah aktivitas ekonomi selama PSBB. Salah satunya jam operasional tempat kuliner seperti warung makan angkringan atau wedangan yang biasa digunakan untuk tempat nongkrong, pukul 19.00 WIB wajib tutup.


Begitu pula dengan tempat kerja perkantoran, khususnya dilingkungan Pemkab Sukoharjo, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) juga telah mengeluarkan SE Nomor 800/97/2021 tentang kebijakan “work from home” (WFH). Jumlah Aparat Sipil Negara (ASN ) yang masuk kerja dibatasi hanya 50%.


"Kami telah meminta masing - masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membuat jadwal pegawai yang melakukan WFH maupun pegawai yang tetap bekerja di kantor. Selanjutnya, pembagian jadwal tersebut dikirimkan ke BKPP," kata Plt Kepala BKPP Sukoharjo, Sumini, Minggu (10/1/2021)


Bagi ASN yang bekerja dari rumah, menurut Sumini, juga diminta melakukan absensi dengan mengisi daftar hadir secara manual dan selanjutnya juga dikirim ke kantor BKPP.


Data yang didapat hariankota.com, ada tujuh poin pembatasan kegiatan selama PSBB diberlakukan, diantaranya membatasi tempat kerja perkantoran dengan menerapkan “work from home” (WFH) sebesar 50% dan “work from office” (WFO) juga sebesar 50%.


Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sekolah dilakukan secara online, sektor esensial yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat seperti pasar tradisional tetap beroperasi 100% dengan pengaturan jam operasional serta penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.


Kemudian kegiatan restoran/rumah makan/warung makan/PKL, untuk makan/minum ditempat hanya diijinkan 25% dari kapasitas tempat duduk dan tidak boleh melebihi 50 orang. Sedangkan untuk layanan makanan melalui pesan antar/dibawa pulang, tetap diizinkan.


Dari keseluruhan pembatasan aktivitas itu, untuk jam operasional pusat perbelanjaan/mal/toko modern/toko kelontong, restoran/rumah makan/warung makan/PKL termasuk angkringan/wedangan yang biasa buka malam hari, wajib tutup pukul 19.00 WIB. Tujuannya untuk mencegah kerumunan.


Disisi lain, untuk kegiatan konstruksi diijinkan beroperasi 100% dengan penerapan prokes ketat. Sementara untuk kegiatan tempat ibadah dilaksanakan dengan pengaturan pembatasan kapasitas 50% dan tidak boleh melebihi 50 orang dengan tetap memperhatikan penerapan prokes.


Setidaknya selama dua hari diawal, Sabtu - Minggu (9-10/1/2021),Tim Satgas Covid-19 Sukoharjo terdiri Dinas Kesehatan, Satpol PP, dibantu Polri, dan TNI telah melakukan sosialisasi di sejumlah pusat keramaian untuk menyampaikan poin- poin PSBB.



Jurnalis : Sapto
Editor : Baharadika

Share this Article :