Rekomendasi

Tanpa Pengamanan Khusus, Kepulangan ABB Sepakat Tanpa Seremoni Penyambutan

Rabu, 06 Januari 2021 : 21.43
Published by Hariankota


SUKOHARJO - Heboh menjelang kepulangan Abu Bakar Ba'asyir (ABB) ke Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo setelah dinyatakan bebas murni direspon Polres Sukoharjo dan Pemkab Sukoharjo beserta stakeholder terkait dengan menggelar rapat koordinasi (rakor), Rabu (6/1/2021).


Dalam rakor yang juga dihadiri perwakilan Ponpes Islam Al Mukmin tersebut, disepakati pada hari kedatangan ABB, Jum'at (8/1/2021) nanti tidak ada pengamanan khusus dari kepolisian. Pengamanan akan dilakukan secara swakarsa oleh pihak internal ponpes sendiri.


"Jadi kami menghimbau kepada seluruh simpatisan (ABB) untuk tidak melakukan kegiatan, baik di jalan untuk mengawal rame- rame, maupun dilokasi ponpes," kata Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas usai rakor.


Jika ada kerumunan, maka Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo terdiri Polisi, TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan unsur terkait lainnya akan melakukan tindakan tegas membubarkan dengan langkah persuasif, dan yang terakhir penindakan hukum.


Menurutnya, pengamanan sepenuhnya akan dilakukan pihak ponpes secara swakarsa dengan cara melakukan penyekatan di 25 titik jalan sepanjang 1 kilometer dari ponpes. Penyekatan dilakukan untuk mengantisipasi kedatangan simpatisan ABB dari luar kota.


"Pihak ponpes telah menyepakati tidak ada acara penyambutan, namun kami tetap melakukan pemantauan mengantisipasi adanya kerumunan. Sehingga untuk mengantisipasi maka dalam rakor disepakati, Satgas Covid-19 sebagai garda terdepan dalam menggelar operasi yustisi," tegas Bambang.


Sementara Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menambahkan, pada prinsipnya dalam rakor telah menghasilkan satu komitmen, bahwa pihak ponpes berjanji tidak akan menghadirkan para santri untuk mencegah terjadinya kerumunan.


"Sukoharjo masih berada di zona merah Covid-19. Kami dan pihak ponpes menyepakati, untuk  tidak menghadirkan simpatisan," pungkasnya kepada hariankota.com.


Reporter Sapto Nugroho

Penulis: Sapto Nugroho

Penulis: Gunadi


Share this Article :