Rekomendasi

Warga Buleleng Digegerkan Suara Dentuman Misterius

Minggu, 24 Januari 2021 : 21.01
Published by Hariankota


BULELENG
- Suara dentuman misterius seperti ledakan sontak membuat warga di kawasan Buleleng terkejut dan panik. Suara ledakan didengas warga Minggu (24/1/2020) sekira pukul 10.27 Wita.


Suara ledakan tersebut menjadi perbincangan hangat di berbagai group media sosial di Bali.  


Penjelasan dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, Made Rentin mengatakan, sejumlah warga di Buleleng memang mendengar suara dentuman yang cukup keras.


"Setelah ditelusuri di seluruh wilayah nihil ledakan di daratan.

kemungkinan di laut," paparnya,  Minggu (24/1)


Sementara itu, hasil pemantauan BMKG Wilayah III Denpasar, terdapat anomali sinyal yang tercatat di sensor seismik Singaraja pada pukul 10.27 Wita.

Akan tetapi, sinyal tersebut bukan dari sinyal seismik gempa bumi.


"Karena sejak pukul 08.00 Wita hingga saat ini tidak ada kejadian gempa bumi di wilayah Bali," imbuhnya.


Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui akun Twitter @DaryonoBMKG, Minggu (24/1/2021) sebut 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) merekam suara dentuman keras yang mengejutkan warga Buleleng, Bali. Diduga suara misterius tersebut berasal dari ledakan yang terjadi sekitar pukul 10.27 WITA.


"Terkait ledakan yang terjadi di Buleleng Bali, alat kami sensor seismik BMKG mencatat anomali gelombang seismik sekitar Pukul 02.27.17 UTC (10.27.17 WITA)," ujar Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono 


Daryono mengatakan, meskipun suara ledakan keras itu tercatat pada sensor seismik namun sinyal itu bukan dari gempa tektonik. 


"Dan kami meyakini bahwa fenomena ini bukan aktivitas gempa tektonik karena dua sensor seismik lainnya yang lokasinya relatif dekat tidak mencatatnya,” tutupnya. 



Jurnalis : Wayan
Editor : Mahardika

Share this Article :