Rekomendasi

FGD Evaluasi Pilkada 2020, KPU Sukoharjo Undang Awak Media

Kamis, 25 Februari 2021 : 16.38
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Berbagai isu strategis dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo Tahun 2020 menjadi bahan evaluasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo yang dikemas dalam bentuk focus group discussion (FGD) atau diskusi kelompok terfokus, Kamis (25/2/2021).


FGD evaluasi yang juga melibatkan awak media ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengeksplorasi secara lebih mendalam permasalahan dan atau kekurangan yang terdapat dalam pelaksanaan Pilbup Sukoharjo Desember 2020 lalu.


Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo Nuril Huda mengatakan, dalam pandangannya ada dua hal menarik yang terjadi saat pelaksanaan pemungutan suara dilakukan di tengah pandemi Covid-19.


"Kekhawatiran tentang menurunnya tingkat partisipasi pemilih karena dilaksanakan di tengah pandemi, khususnya untuk pemilih pemula di Sukoharjo ternyata sepenuhnya tidak terbukti," kata Nuril kepada hariankota.com.


Hal unik yang menjadi catatan Nuril adalah, para pemilih pemula ini justru berbondong - bondong datang ke TPS karena terdorong rasa penasaran, selain ingin merasakan sensasi pengalaman pertama kali memilih, ada juga yang berharap mendapatkan pembagian masker di TPS.


"Karena pada saat itu, masker belum terlalu banyak yang memakai. Apalagi di sejumlah tempat sosialisasi sering di bagi- bagikan. Fenomena ini bagi kami sangat unik dan menarik," ujarnya.


Dari FGD evaluasi yang merupakan implikasi ketentuan Peraturan KPU dalam rangka mengumpulkan dan menginventarisasi berbagai gagasan solutif ini, nantinya akan direkomendasikan sebagai bahan penyempurnaan peraturan teknis pemilihan untuk perbaikan pemilihan serentak di masa datang.


Seperti diketahui, meski digelar di tengah pandemi dengan penerapan protokol kesehatan ketat, angka partisipasi pemilih Pilkada Kabupaten Sukoharjo 2020 merupakan tertinggi dibanding pada pelaksanaan pemilu bupati periode sebelumnya.


Angka partisipasi pemilih di Sukoharjo berdasarkan suara sah yang masuk mencapai 80%. Hasil ini melampaui target nasional yang dipatok KPU RI sebesar 77,5% lantaran pilkada serentak dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.



Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :