Rekomendasi

Keliling Wilayah, Kapolda Jateng Cek Posko PPKM Mikro di Sukoharjo

Selasa, 23 Februari 2021 : 16.07
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengapresiasi kelengkapan sarana dan prasarana Posko PPKM Mikro yang ada di Kabupaten Sukoharjo. Hal itu ia ungkapkan usai mengecek salah satu posko di Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Selasa (23/2/2021).


"Posko ini merupakan suatu role model atas kebijakan dari pemerintah, dalam hal ini Mendagri terkait penanganan Covid-19 dengan menerapkan PPKM Skala Mikro," kata Kapolda didampingi Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas.  


Kepada hariankota.com ia menyatakan, keberadaan Posko PPKM Mikro di tingkat desa/kelurahan sangat efektif untuk memantau penyebaran wabah corona hingga di tingkat RT/RW dengan melibatkan peran TNI dan Polri.


"Zonasinya akan kami perkecil dengan menyertakan TNI/Polri sebagai tracer, pengawas, sekaligus melakukan kegiatan- kegiatan dari yang paling kecil. Utamanya para Babinsa dan Bhabinkamtibmas, karena Polda Jateng memiliki hampir 4.300 Bhabinkamtibmas. Jadi kami mampu mengcover," tegasnya.


Dari hasil pengecekan di posko Kelurahan Gayam, Kapolda menilai sarana dan prasarananya sudah sangat lengkap, diantaranya disebutkan ada peta lokasi penyebaran virus corona hingga tingkat RT.


"Tadi saya lihat, terhitung mulai tanggal 8 Februari kemarin sampai hari ini (Selasa-Red), warga yang terpapar sudah berkurang, tinggall satu saja. Oleh karena itu saya mengapresiasi atas kerja keras Pak Lurahnya. Saya berharap (upaya) ini dipertahankan," ujar Kapolda.


Menurutnya, jika semua Lurah/Kepala Desa bisa mengelola penerapan PPKM Mikro melalui posko - posko yang ada di wilayah masing- masing, maka tidak menutup kemungkinan penyebaran virus corona lambat laun akan berkurang.


"Di India, di Wuhan (China) itu paling efektif menggunakan PPKM Skala Mikro, oleh karena itu kami minta kepada Lurah/Kepala Desa untuk tidak segan- segan memanfaatkan keberadaan Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak untuk mengedukasi masyarakat," tegasnya


Diharapkan dengan keberadaan Posko PPKM Mikro di tingkat Desa/Kelurahan di seluruh wilayah Kabupaten Sukoharjo akan ada penurunan sebaran virus secara signifikan.


"Tadi saya mendapat paparan dari Pak Kapolres, sejak PPKM Mikro diterapkan sudah banyak mengurangi paparan virus. Dari yang zona oranye sudah menjadi kuning. Lha nanti kalau dari kuning bisa menjadi hijau, coba nanti desanya dikasih hadiah kambing atau apa jika (zona) hijau semua," pungkasnya. 



Jurnalis : Sapto 
Editor : Mahardika

Share this Article :