Rekomendasi

Menteri PUPR dan Walikota Solo Resmikan Operasional Flyover Purwosari

Sabtu, 13 Februari 2021 : 16.42
Published by Hariankota

 

Menteri PUPR, Walikota Solo dan Gubernur Jateng resmikan operasional flyover Purwosari, Solo

SOLO- Setelah sempat tertunda, akhirnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono hadir dalam peresmian operasional Flyover perlintasan kereta api (KA) Purwosari, Solo, Sabtu (13/2/2021).


Pantauan hariankota.com, prosesi peresmian dilakukan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo sekaligus sebagai kado akhir masa jabatan dengan didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Peresmian semula telah dijadwalkan Rabu (10/2/2021) lalu, namun urung terlaksana.


"Saya nyatakan diresmikan, semoga bermanfaat untuk kita semua," kata Rudy yang lantas menekan tombol sirine sebagai simbol peresmian.


Dijelaskan, penyelesaian pembangunan flyover Purwosari sebenarnya ditarget rampung April 2021 nanti. Namun Februari ini flyover ternyata sudah bisa dioperasikan.


"Atas nama Pemerintah Kota Surakarta, saya mengucap terima kasih atas semua pihak yang telah memberi dukungan pada penyelesaian flyover ini," kata Rudy yang akan purna tugas pada 17 Februari mendatang.


Sementara, Menteri PUPR usai peresmian menyampaikan, konstruksi flyover menggunakan mortar busa. Proyek yang didanai APBN ini telah  menghabiskan anggaran Rp 114,2 miliar.


"Konstruksinya adalah mortar busa supaya lebih cepat. Ini yang kita pakai di Antapani Bandung lebih cepat dan murah juga, (flyover) di Manahan, Solo juga mortar," kata Basuki.


Dengan telah dioperasikannya flyover diharapkan kemacetan di sejumlah titik bisa jauh berkurang. Sebab jalur jalan raya di perlintasan KA Purwosari merupakan jalur akses dari dan ke luar Kota Solo.


"Semoga flyover ini bermanfaat, bisa mengurai kemacetan yang terjadi karena kereta api," katanya.


Perlu diketahui, flyover Purwosari berdiri membentang sepanjang 700 meter yang dibagi dua jalur ke timur dan barat. Di masing - masing ujungnya dipercantik dengan hiasan ornamen ilustrasi tari gambyong sebagai simbol selamat datang.



Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :