Rekomendasi

Puskesmas I Denpasar Tambah Kapasitas Nakes Penerima Vaksinasi

Senin, 01 Februari 2021 : 19.55
Published by Hariankota


DENPASAR
- Kepala Puskesmas I Denpasar Selatan, AA Ngurah Gede Darmayuda, mengatakan vaksinasi COVID-19 di tempat yang ia pimpin bahwa tahapan vaksinasi mengalami percepatan.


“Yang awalnya 15 orang per hari kemudian ditambah lagi kapasitasnya menjadi 25-50 orang per hari,” kata Darmayuda melalui keterangan tertulisnya Senin (1/2/2021).


Untuk para tenaga kesehatan (nakes), lanjutnya setelah disuntik vaksin diberikan kartu vaksin. Ada nomer kontak yang dibisa dihubungi di kartu tersebut bila ada keluhan atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).


Selain itu kata Darmayuda, pihaknya ada grup KIPI yang selalu melakukan monitoring. Sejauh ini reaksi setelah divaksin gejalanya masih normal, nyeri di sekitar tempat yang disuntik dan agak pegal. Namun ada juga yang merasa lebih cepat ngantuk di malam hari atau lebih merasa lapar.


Darmayuda mengatakan sejauh ini tidak ada keluhan yang sampai mengganggu dalam beraktivitas. Antusiasme masyarakat saat diberikan sosialisasi untuk dilakukan vaksinasi COVID-19 juga terlihat tinggi.


Pemerintah sudah mencari jalan terbaik mengatasi pandemi. Menurut Darmayuda, apapun kendala di lapangan akan teratasi. Ia berpesan kepada masyarakat agar dipahami juga bahwa vaksin tidak sekali suntik terus memberikan kekebalan.


“Perlu waktu agar imunitas mulai dibentuk. Untuk vaksin Sinovac perlu dua kali suntik untuk membangun kekebalan tubuh terhadap virus COVID-19,” kata Darmayuda. 



Jurnalis : Made
Editor : Mahardika

Share this Article :