Rekomendasi

Ribuan Batang Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai Bogor

Selasa, 16 Februari 2021 : 20.28
Published by Hariankota

Foto Istimewa 

JAKARTA
-  Kemajuan teknologi yang mudah diakses saat ini menjadikan transaksi jual beli barang semakin cepat. Disamping itu menjamurnya toko online pada berbagai marketplace adalah gairah tersendiri dalam geliat perekonomian di masa pandemi.


Namun ada saja pihak yang tidak bertanggungjawab, dan mencoba mencari keuntungan dengan menjual barang-barang ilegal termasuk rokok. Seperti yang terjadi di salah satu marketplace ternama di Indonesia.


Berdasarkan hasil informasi intelijen dan analisa unit penindakan Bea Cukai Bogor, pelaku berinisial R sebagai penerima dan akun Panamashop telah terindikasi melakukan transaksi jual beli rokok ilegal.


“Paket dikirimkan dari Demak, Jawa Tengah melalui salah satu perusahaan jasa titipan di Parung Panjang dengan tujuan Tenjo, Kabupaten Bogor. Kemudian tim dari Bea Cukai Bogor melakukan pemeriksaan pada Sabtu sore (06/02),” papar Hadi Prayitno selaku Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Bogor, dalam keterangan tertulis Ditjen Bea Cukai yang diterima, Selasa (16/02/2021) dikuti dari laman InfoPublik.id


Menurutnya, hasil pemeriksaan atas paket yang sebelumnya diberitahukan sebagai kopi merk Mildboro Mantap ternyata berisi 40 slop atau delapan ribu batang rokok tanpa pita cukai merk Mildboro.


Ditegaskannya, atas kejadian ini, pelaku diduga telah melanggar pasal 55 UU nomor 39 tahun 2007 tentang cukai.


“Atas rokok illegal tersebut, telah dilakukan penindakan  serta terhadap barang hasil penindakan telah diamankan di Kantor Bea Cukai Bogor untuk dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut,” pungkas Hadi.




Jurnalis : San
Editor : Mahardika

Share this Article :