Rekomendasi

Pendistribusian Vaksin COVID-19 Fokus Jawa-Bali

Jumat, 19 Februari 2021 : 23.00
Published by Hariankota


JAKARTA
- Tahap pertama vaksinasi adalah tenaga kesehatan (nakes)  dan tenaga pendukung lainnya.  Sedangkan tahap kedua pelaksanaan program vaksinasi COVID-19, dengan sasaran utama yaitu lanjut usia (lansia/di atas usia 60 tahun) dan petugas pelayanan publik).


Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pada tahap awal ini, sebanyak tujuh juta vaksin yang tersedia dan siap didistribusikan di 34 provinsi.


“Namun dengan keterbatasan vaksin saat ini, pendistribusian vaksin COVID-19 masih terfokus di Pulau Jawa dan Bali sebanyak 70 persen dari vaksin yang tersedia saat ini,” kata Nadia saat konferensi pers secara virtual, Jumat (19/2/2021).


Sehingga lanjut Nadia, dengan keterbatasan vaksin, maka kelompok yang diutamakan yaitu seluruh kelompok lansia di DKI Jakarta dan ibu kota provinsi di 33 provinsi. Seperti Bandung (Jawa Barat), Denpasar (Bali), Medan (Sumatera Utara), dan lainnya.


Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan fokus Jawa-Bali mengingat terdapat banyaknya jumlah Lansia di provinsi-provinsi tersebut dan merupakan daerah dengan penularan COVID-19 yang tinggi.


“Pada prinsipnya, semua Lansia akan divaksinasi tapi untuk tahap pertama karena vaksinnya terbatas hanya sebagian Lansia yang akan divaksinasi,” pungkas Nadia.




Jurnalis : San
Editor : Mahardika

Share this Article :