Rekomendasi

914 Petugas Imigrasi Terima Vaksin COVID-19 Dosis Pertama

Jumat, 12 Maret 2021 : 19.51
Published by Hariankota


JAKARTA
- Sejumlah 914 petugas pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah menerima vaksin COVID-19 dosis pertama.


Hal itu disampaikan Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemenkumham Anggakara Arya Pradhana, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (12/3/2021).



"Petugas yang divaksin sebagian besar berhubungan langsung dengan masyarakat dalam hal pelayanan dan pemeriksaan keimigrasian," kata Anggakara .


Para petugas yang divaksin berasal dari Kantor Pusat Ditjen Imigrasi, Rumah Detensi Imigrasi dan Kantor Imigrasi di wilayah DKI Jakarta.


 


Selain itu, para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemenkumham juga mendapatkan dosis vaksin pertama.


Untuk menghindari kerumunan yang berpotensi terjadi penularan COVID-19, Ditjen Imigrasi melakukan vaksinasi dalam beberapa gelombang.


Menurut Anggakara,  setiap harinya para petugas imigrasi melayani masyarakat dengan berbagai keperluan diantaranya pelayanan paspor, pelayanan orang asing, pelayanan para deteni hingga pemeriksaan imigrasi baik di bandara, pelabuhan laut serta pos lintas batas.


Ia menambahkan, dengan intensitas yang cukup tinggi tersebut para petugas berpotensi tertular COVID-19 meskipun mereka telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.


"Petugas di lapangan berisiko terpapar (tertular-red) COVID-19. Untuk itu vaksinasi merupakan ikhtiar bersama sebagai upaya mencapai kekebalan kelompok," katanya. 




Jurnalis : San
Editor : Mahardika

Share this Article :