Rekomendasi

Dipimpin Zulkifli Hasan, Musda V Pemilihan Pengurus DPD PAN Se-Jateng Tidak Melalui Voting

Rabu, 17 Maret 2021 : 22.46
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sukoharjo, serentak bersama DPD PAN Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah menggelar Musyawarah Daerah (Musda) V secara virtual dipimpin langsung Ketua Umum (Ketum) DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Rabu (15/3/2021).

Ketua DPD PAN Kabupaten Sukoharjo Sunoto mengatakan, dengan terselenggaranya Musda secara virtual ini maka seluruh kepengurusan DPD PAN se-Jateng dinyatakan demisioner. Kepengurusan definitif berikutnya akan ditentukan melalui musyawarah mufakat oleh tim formatur.

"Ini Musda serentak dengan DPD-DPD lainnya se-Jateng secara virtual dikarenakan masih pandemi Covid-19. Jadi tidak semua hadir dalam satu tempat, karena jumlahnya untuk Sukoharjo sendiri ada sekira 250 orang, maka kami bagi di 6 titik, salah satunya di kantor DPD PAN Sukoharjo," terangnya.

Kepada hariankota.com ia menjelaskan, keenam titik lokasi Musda V DPD PAN Sukoharjo tersebut, selain di kantor DPD PAN Sukoharjo Jalan Jenderal Sudirman, juga berlangsung di wilayah Kecamatan Polokarto, Nguter, Kartasura, Grogol, dan Tawangsari. Masing - masing termonitor secara virtual.

"Tadi disampaikan Ketum, dalam Musda kali ini pemilihan kepengurusan DPD berikutnya tidak boleh menggunakan voting, tapi melalui musyawarah mufakat untuk menentukan siapa jadi ketua, bendahara, sekretaris, POK, dan Bapilu. Nanti yang memimpin musyawarah DPW PAN Jateng," jelasnya.

Dengan demisionernya kepengurusan, maka jalannya roda organisasi partai untuk sementara waktu diampu secara kebersamaan oleh tim formatur. Targetnya, tim formatur dalam kurun waktu sekira 30 hari terhitung sejak pelaksanaan Musda sudah bisa memutuskan siapa pengurus DPD PAN Sukoharjo berikutnya.

"Nanti yang jadi ketua dan pengurus lainnya siapa, maka melalui musyawarah mufakat itulah dasar penentuannya, tidak ada voting. Nanti tim formatur akan dipandu oleh Steering Committee (SC). Secepat mungkin (musyawarah) kami lakukan, kalau perlu dalam minggu ini bisa selesai," tegas Sunoto.

Dalam Musda menentukan pengurus DPD periode 2021- 2025 ini, Zulhas disebutkan Sunoto meminta agar kepengurusan DPD yang baru dapat mengakomodir para mantan Kepala Desa (Kades) agar diupayakan bisa bergabung. Sebuah terobosan yang memerlukan kerja keras untuk kebesaran partai.

"Itu kerja keras, tapi kami optimis Insya Allah. Saat ini kami sudah ada beberapa pandangan, cuma kan masih memerlukan pendekatan secara intens. Ya nanti itu (pendekatan-Red) akan kami lakukan," imbuhnya.

Sementara Ketua SC Musda V DPD PAN Sukoharjo, Moh Hariyanto menambahkan, tim formatur kepengurusan DPD PAN Sukoharjo periode berikutnya ada 6 orang. Mereka merupakan nama - nama yang sudah dinyatakan lolos.

"Enam orang tim formatur yang lolos ini akan berembug menentukan siapa diantara mereka yang jadi ketua, bendahara, dan sekretaris. Setelah itu membentuk kelengkapan pengurus-pengurus lainnya," paparnya.

Dari enam formatur tersebut dijelaskan, empat diantaranya adalah anggota DPRD Kabupaten Sukoharjo salah satunya Sunoto yang merupakan petahana calon ketua, ditambah 2 orang pengurus harian DPD PAN Sukoharjo.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :