Rekomendasi

Gunung Sinabung Kembali Erupsi dan Semburkan Abu Vulkanik

Jumat, 19 Maret 2021 : 16.37
Published by Hariankota


JAKARTA - Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung, Armen Putra, mengatakan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkanik dengan tinggi kolom 700 meter dari puncak gunung pada Jumat (19/3/2021).


"Erupsi beramplitudo 10 mm dengan durasi 3 menit 9 detik, cenderung menuju barat dan barat laut Gunung Sinabung,"  kata Armen melalui keterangan tertulisnya, Jumat (19/3/2021).


Armen mengimbau warga tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang warganya sudah direlokasi, serta area dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung, area dalam radius lima kilometer di sektor selatan-timur, dan area dalam radius empat kilometer di sektor timur-utara.


Selain itu, saat terjadi hujan abu, warga diimbau memakai masker bila ke luar rumah, mengamankan sarana air bersih, serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanis.


"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," ungkapnya.


 

Gunung Sinabung saat ini berada pada status Level III (Siaga). Sebelumnya, Gunung Sinabung  mengalami erupsi yang disertai dengan awan panas guguran sebanyak dua kali dengan jarak luncur maksimum 3.000 meter, pada Kamis (11/3/2021) lalu.


Menurut Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung Armen Putra, erupsi pertama terjadi pukul 07.37 WIB, dengan tinggi kolom abu 1.000 meter ke arah barat dan barat daya.


"Amplitudo 40 mm dengan durasi 5 menit 38 detik," katanya.


Sedangkan erupsi kedua berlangsung sekitar pukul 07.45 WIB dengan kolom abu setinggi 700 meter. 



Jurnalis : San
Editor : Mahardika

Share this Article :