Rekomendasi

Lama Dikeluhkan Pengguna Jalan, Akhirnya Kerusakan Underpass Makamhaji Diperbaiki

Jumat, 19 Maret 2021 : 11.45
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Setelah lama ditunggu akhirnya kerusakan jalan underpass di bawah jalur kereta api yang melintasi Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, tepatnya Jalan Slamet Riyadi diperbaiki.

Pantauan hariankota.com, oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan selaku penanggung jawab perbaikan, underpass yang selama ini menjadi salah satu jalur penghubung Kecamatan Kartasura menuju Kota Solo ini ditutup total selama proses perbaikan, Kamis (18/3/2021).

Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat meninjau di lapangan bersama pejabat dinas terkait mengatakan, perbaikan underpass Makamhaji dikerjakan langsung pemerintah pusat dikarenakan statusnya merupakan aset pemerintah pusat, yakni Ditjen Perkeretaapian Kemenhub.

"Masyarakat tahunya kalau lewat (underpass) ini masuknya Sukoharjo. Tapi ini masih kewenangan dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub. Alhamdulillah, hari ini sudah mulai pengerjaan, Insya Allah malam (ini) sudah selesai," terang Bupati.

Sementara, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro menjelaskan, perbaikan gril saluran air dilakukan terlebih dahulu lantaran kerusakan yang terjadi sudah cukup parah.

"Dengan perbaikan ini semoga dapat menyelesaikan permasalahan, karena selama ini kerusakan underpass sering dikeluhkan warga khususnya pengguna jalan. Kami memperkirakan proses perbaikan akan berjalan kurang dari 24 jam. Besuk pagi mungkin sudah bisa dilalui," imbuhnya.

Selain perbaikan gril saluran air, Dinas Perkerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, juga melakukan perbaikan dengan menambah ketinggian aspal permukaan jalan sekitar underpass yang juga rusak terkelupas.

Sebelumnya, banyak korban berjatuhan dari pengguna jalan yang terperosok saluran pembuangan air akibat gril (plat) penutupnya dari besi sering terlepas ditambah banyak genangan air akibat guyuran hujan tanpa henti sepanjang pekan ini.

Tingginya volume dan beban kendaraan yang melintas, diduga juga ikut memperparah kerusakan. Mulai roda dua hingga kendaraan berat sekelas truk kontainer dengan berat muatan melebihi kapasitas beban jalan hampir setiap hari melintasi.


Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :