Rekomendasi

Penerimaan Mahasiswa Baru Ditengah Pandemi, UVBN Maksimalkan Serangan Udara

Senin, 01 Maret 2021 : 19.07
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Pendekatan baru dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di masa pandemi dilakukan Universitas Veteran Bangun Nusantara (UVBN) Sukoharjo. Untuk menggaet minat calon mahasiswa, panitia seleksi memaksimalkan serangan udara menyebar informasi melalui media sosial.


Ketua Panitia PMB UVBN Tahun 2021/2022, Khabibur Rahman mengatakan, untuk pendaftaran pihaknya saat ini sudah menerapkan sistem online. Selain itu prosedur pendaftarannya juga menerapkan Computer Based Test (CBT) yang biasa dikenal dengan One Day Service (ODS).    


"Secara resmi mulai 1 Maret ini PMB gelombang pertama mulai dibuka sampai akhir Mei mendatang. Terus nanti disusul gelombang kedua mulai 1 Juni sampai Agustus. Tapi sebelum ini kami juga sudah membuka pendaftaran," terangnya saat acara pembukaan PMB di kampus setempat, Senin (1/3/2021).


Dijelaskan, bagi calon mahasiswa baru dari luar daerah yang berminat mendaftar secara online dapat mengakses link, sedangkan bagi yang dekat dengan kampus atau ingin datang mendaftar langsung juga bisa dilayani di loket pendaftaran yang berada di dalam kampus.


"Tahun ini kami membuka 21 program studi, terdiri 1 Pasca Sarjana, 1 Diploma (D)3, dan 19 Sarjana (S1). Kemudian ada satu lagi yakni, Program PPG (Pendidikan Profesi Guru), ini ada yang dalam jabatan dan ada juga yang pra jabatan atau baru lulus S1," paparnya.


Mengingat kondisi saat ini masih dalam pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat, kepada hariankota.com, Khabibur tidak ingin berbicara tentang target jumlah pendaftar dalam PMB.


"Kalau soal target, kami tidak berbicara soal angka. Tapi kami ingin melakukan upaya maksimal dengan menyebar sebanyak mungkin informasi melalui medsos atau youtube untuk meyakinkan calon mahasiswa baru agar tertarik masuk Univet Bantara (UVBN)," imbuhnya.


Sementara itu, Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Perguruan (YPPP) Veteran Sukoharjo, Bambang Margono yang menaungi UVBN menyampaikan, pembukaan PMB Tahun Akademik 2021/2022 untuk memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di UVBN Sukoharjo.


"Kami juga menampung mereka yang tidak mampu secara ekonomi dengan syarat memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Insya Allah, akan kami layani sampai selesai, lulus tanpa dipungut biaya apapun alias gratis,tis," terangnya.


Bagi pendaftar gelombang pertama yang tidak atau belum memiliki KIP, Bambang menjelaskan, juga akan diberi kemudahan yakni berupa potongan biaya (discount-Red) dana pengembangan institusi sebesar 25% atau pengurangan seperempatnya dari yang dibebankan.


"Saat ini kami sedang memikirkan untuk tahun - tahun berikutnya, bahwa nanti bagi mahasiswa lulusan UVBN tidak hanya mendapatkan ijazah S1 saja. Kami berusaha untuk memberikan tambahan, salah satunya membekali ketrampilan bahasa asing dengan mendirikan pusat bahasa.


Pembekalan ketrampilan tambahan tersebut direncanakan akan diberikan melalui semacam kursus bekerjasama dengan sejumlah lembaga dengan durasi waktu selama 1 tahun. Selain ketrampilan bahasa, tambahan ketrampilan direncanakan juga akan diberikan bagi lulusan jurusan teknik.


"Insya Allah, nanti kalau pusat bahasa sudah ada, kami berharap lulusan Univet juga mendapatkan toefl (bahasa asing) yang dapat menyertai untuk memenuhi persyaratan masuk di jenjang pekerjaan dimanapun ia berada," pungkas Bambang.




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :