Rekomendasi

Penetapan Zona Hijau di Tiga Wilayah di Bali

Rabu, 17 Maret 2021 : 19.27
Published by Hariankota


DENPASAR
- Pemerintah propinsi Bali telah menetapkan tiga wilayah zona hijau. Yakni Ubud di Kabupaten Gianyar, Sanur di Kota Denpasar, dan ITDC Nusa Dua di Kabupaten Badung. 


Menparekraf menuturkan ketiga kawasan itu harus menjadi prioritas vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan juga masyarakat.


Penetapan zona tersebut dimaksudkan untuk membentuk zona berpola hidup sehat dan menerapkan standar protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 secara ketat dengan kebijakan vaksinasi menyeluruh terhadap orang yang tinggal dan beraktivitas di wilayah tersebut.


Hal itu sekaligus merupakan prakondisi dari tahapan-tahapan yang nantinya akan ditempuh untuk kembali membuka sektor pariwisata apabila situasi pandemi telah terkendali.


"Karena konsepnya adalah zona hijau, tentunya tiga kawasan tadi harus jadi prioritas vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan masyarakat. Menteri Kesehatan sudah sanggup (menyiapkan vaksin)," tutur Menparekraf.


Namun, Menparekraf menegaskan, ketika tiga zona tersebut sudah siap, tidak serta merta dilakukan pembukaan menyeluruh bagi wisatawan mancanegara namun dimulai bertahap dengan penuh kehati-hatian.


"Terpenting kita ingin sampaikan kepada masyarakat di Bali dan terutama pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, bahwa Insya Allah kita memulai persiapan membuka kembali dan mohon doa dari semua masyarakat agar persiapan proses ini diberikan kemudahan dan target kita untuk membuka pariwisata di Bali dan memulihkan ekonomi kreatif di Bali dan wilayah Indonesia lainnya bisa kita lakukan dalam tempo secepat-cepatnya," tegas Sandiaga. 



Jurnalis : San
Editor : Mahardika

Share this Article :