Rekomendasi

Persiapan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, Guru di Sukoharjo Mulai Disuntik Vaksin

Senin, 29 Maret 2021 : 17.51
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Vaksinasi Covid-19 terhadap guru dan tenaga pendidikan di Kabupaten Sukoharjo mulai berlangsung. Mulai hari ini, ratusan guru dan tenaga pendidikan dijadwalkan secara bertahap mendapatkan suntik vaksin Covid-19 disejumlah Fasiltas Kesehatan (faskes)


Pantauan dilapangan, salah satu lokasi vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidikan sebagai langkah awal tahap uji coba pembukaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sekolah yakni, Puskesmas Sukoharjo Kota yang berada di Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo, Senin (29/3/2021).


Di lokasi ini, proses vaksinasi dilakukan kepada guru dan tenaga pendidikan mulai dari tingkat SMP Negeri, SMA Negeri, dan Madrasah Negeri setingkat SMP dan SMA, mewakili wilayah Sukoharjo Kota


Sebelum disuntik vaksin, para guru terlebih dahulu mendaftarkan diri kemudian mengikuti pemeriksaan kesehatan. Setelah dipastikan sehat, para guru dan tenaga pendidikan kemudian disuntik vaksin Covid-19.


Usai disuntik, mereka diminta untuk menunggu selama 30 menit guna proses observasi mengantisipasi munculnya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) atau efek samping vaksinisasi.


"Hari ini adalah vaksinasi tahap pertama terhadap guru dan tenaga pendidikan yang kemarin sudah mendapatkan surat dari Dinas Pendidikan," terang Kepala Puskesmas Sukoharjo Kota, dr Kumari Mahanani, kepada hariankota.com.


Uji coba PTM sendiri akan dimulai pada tanggal 5 April mendatang dimana ada lima sekolah yang ditunjuk. Masing-masing SMP Negeri 1 Sukoharjo, SMA Negeri 1 Sukoharjo, SMK Negeri 1 Sukoharjo, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sukoharjo dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Sukoharjo.


Totol jumlah guru dan tenaga pendidikan dari masing-masing sekolah yang ditunjuk untuk uji coba PTM sekolah ini mencapai, 376 orang.


Jumlah tersebut dibagi di lima faskes yang melayani vaksinasi, yaitu RSUD Ir Soekarno, Rumah Sakit Nirmala Suri, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Puskesmas Sukoharjo, dan salah satu klinik di Sukoharjo.


"Sejauh ini vaksinasi Covid-19 Alhamdulillah kita tidak menemui hambatan atau kendala, karena pemeriksaan atau penyuntikan vaksinasi sudah melalui beberapa tahap," imbuh dr Kumari.


Terpisah, Kepala Kemenag Sukoharjo Ihsan Muhadi mengaku, semula hanya satu madrasah di bawah naungan Kemenag yang ditunjuk untuk uji coba PTM. Namun, sesuai surat dari provinsi, ada tambahan satu lagi, yakni MTs Negeri Sukoharjo.


"Insya Allah cuma dua madrasah, MAN Sukoharjo dan MTs N 2 Sukoharjo. Saat ini persiapan sudah dilakukan, tinggal menunggu izin dari Satgas Covid Kabupaten," pungkas Ihsan melalui sambungan telepon. 




Jurnalis : Sapto 
Editor : Mahardika

Share this Article :