Rekomendasi

Piala Menpora Tetap Digelar Sesuai Jadwal, Sudah Ada Ijin

Kamis, 04 Maret 2021 : 22.42
Published by Hariankota


JAKARTA
- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan, batalnya laga uji coba Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 melawan PS Tira Persikabo di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta tidak berpengaruh terhadap gelaran Piala Menpora 2021. Piala Menpora dipastikan akan tetap digelar 21 Maret nanti di Solo, Jawa Tengah. 


"Sempat juga ada kekhawatiran apakah dengan tidak jadinya yang semalam (Timnas vs Persikabo) akan berpengaruh terhadap Piala Menpora. Saya nyatakan tidak (terpengaruh)," kata Menpora Amali dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (4/3/2021). 


Meski sempat dibatalkan karena tidak mengantongi izin keramaian dari Kepolisian. Namun laga uji coba ini akan digelar kembali pada 5 dan 7 Maret mendatang. Timnas U-22 dijadwalkan melakoni dua pertandingan yaitu melawan Persikabo dan Bali United. 


Menpora Amali usai mendengarkan laporan PSSI serta panitia pelaksana laga uji coba timnas di gedung Kemepora memastikan, ingin memantau laga uji coba tersebut. Tujuannya, memastikan pertandingan itu sudah berjalan sesuai ketentuan penerapan protokol kesehatan atau tidak.


"Tadi ada ketua penyelenggara, dia sampaikan detail jam per jam. Sebelum pertandingan jam 8 (malam) itu harus apa saja, seperti stadion didisenfektan dan lain-lain. Saya usahakan saya hadir di lapangan, dua pertandingan itu mau lihat-lihat," ucapnya. 


Menurut dia, kelancaran dan penerapan protokol yang tepat sesuai dengan aturan yang disepakati harus dilakukan karena dua laga uji coba Timnas SEA Games 2021 ini menjadi salah satu uji coba sebelum turnamen pramusim Piala Menpora 2021. 


"Soalnya ini rekomendasi dari kami, jadi kami mau memastikan langsung itu dijalankan sesuai apa yang dijalankan atau tidak. Ya, sebagai bentuk pengawasan," tandasnya. 


Dalam kesempatan ini, Menpora Amali menyampaikan pertandingan uji coba timnas U-22 Indonesia melawan Tira Persikabo dan Bali United sudah menjadi kebutuhan dan ada dalam road map pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY). Laga uji coba ini dilakukan sebelum pemain Timnas kembali ke klub-klub masing-masing untuk menjelang Piala Menpora 2021. 


"Sebab Timnas sebentar lagi akan dikembalikan ke klub masing-masing pada Piala Menpora," ungkap Menpora.


Menpora mengungkapkan bahwa Shin Tae-yong pada awalnya berencana mendatangkan klub asing untuk uji coba tersebut. Namun karena kondisi pandemi COVID-19 hal itu tidak terjadi, disamping karena banyak prosedur yang harus dilewati juga karena ada kebijakan karantina bagi pendatang dari luar negeri di Indonesia. 


"Sehingga alternatifnya uji coba dengan klub yang ada di dalam negeri tentu yang memenuhi kriteria yang ditentukan PSSI. Alhamdulillah Tira Persikabo dan Bali United," jelas Menpora Amali.


Sebelumnya sejumlah petinggi PSSI menemui Menpora Amali untuk melaporkan sejumlah hal, salah satunya terkait rencana pertandingan Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo dan Bali United.


Hadir dalam pertemuan ini antara lain Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi, Waketum PSSI Iwan Budianto, Deputi Sekjen Desi Afrianto, Asisten Pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto dan Ketua Panitia Pelaksana Laga uji coba Timnas Albinus Lauren Langga. 




Jurnalis : San
Editor : Mahardika

Share this Article :