Rekomendasi

Program Vaksinasi Prasyarat Utama Memulihkan Parekraf dan Ekonomi Bali

Rabu, 17 Maret 2021 : 19.28
Published by Hariankota


DENPASAR  - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, sebut  vaksinasi merupakan salah satu prasyarat utama dalam upaya membuka kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf).

Sekaligus memulihkan perekonomian di Bali, selain penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.  

Seperti pelaksanaan vaksinasi kemarin di Puri Saren Agung, Ubud, Gianyar, yang ditinjau langsung Presiden Joko Widodo, dimana dilakukan vaksinasi terhadap kurang lebih 680 pelaku industri pariwisata, pimpinan umat beragama, perwakilan budayawan, perwakilan pemuda, dan masyarakat setempat.

Sementara di Kota Denpasar, tepatnya di Harris Hotel Sunset Road, vaksinasi diperuntukkan bagi 500 pekerja industri pariwisata di Bali.

"Dengan menurunnya angka COVID-19 kita memulai persiapan untuk membuka kembali pariwisata khususnya untuk wisatawan mancanegara. Tentunya ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati, kita jangan sampai melakukan kesalahan sehingga penularan COVID-19 ini meningkat kembali. Dan vaksinasi ini adalah salah satu faktor utama yang harus dijalankan," kata Sandiaga Uno, dalam keterangan resminya, Rabu (17/3/2021).

Turut hadir dalam kesmepatan ini Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo.

Kehadiran Presiden Joko Widodo, menurut Menparekraf, memberikan harapan sekaligus menunjukkan keseriusan pemerintah pusat kepada masyarakat yang ada di Bali, khususnya masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif. Pemerintah mendukung penuh kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Bali melalui peningkatan vaksinasi maupun program-program pemerintah yang akan digalakkan di tahun 2021.

"Selain vaksinasi, termasuk stimulus dan juga bantuan sosial yang akan kita galakkan di 2021 ini," ujar Sandiaga.

Menparekraf menjelaskan, Presiden meminta pihaknya untuk membantu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam melakukan transformasi digital sehingga dapat meningkatkan peluang usaha.

"Harapan Presiden kepada kami berdua (Menparekraf dan Wamenparekraf) adalah bagaimana membantu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melakukan transformasi, di segi digitalisasi agar pandemi ini justru membawa perubahan menuju pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih berkualitas dan berkelanjutan. Agar 2 juta lebih pelaku UMKM yang ada di Bali dapat segera mengadopsi digitalisasi," jelasnya.


Jurnalis : Made
Editor : Mahardika 
Share this Article :